Marketing Trends

Bisnis Camilan Ini dengan Omzet Ratusan Juta

Sajodo Snack & Food belakangan sudah familiar di kalangan netizen. Dengan memaksimalkan digital marketing, merek camilan ini bertumbuh pesat di tengah pandemi. Menariknya, pemiliknya hanya bermodalkan Rp 1 juta saja.

Nama Sajodo diambil dari Bahasa Sunda yang artinya sepasang atau berjodoh. Inspirasi nama tersebut dicetuskan oleh sepasang anak muda yaitu Firda Khaerunnisa dan Gilang Gumilar untuk menamai bisnis yang mereka rintis saat pandemi Covid-19 tahun 2020 Lalu.

Awal mula merintis bisnis ini tercetus oleh Firda yang merasa bosan karena kuliah tidak efektif dan dikembalikan ke rumah saat magang di Kementerian Pariwisata karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Saat itu Firda mengajak Gilang yang smasih bekerja sebagai tenaga pendidik di beberapa sekolah untuk mencari kegiatan yang produktif tapi mempunyai nilai lebih untuk lingkungan.

Ide mencari kegiatan yang produktif semakin kuat saat Firda dan Gilang jalan-jalan sore ke suatu pedesaan dan melihat banyak potensi Sumber Daya Alam yang besar berupa hasil pertanian singkong namun tidak bisa di manfaatkan dengan baik karena kondisi pandemi Covid-19 yang membuat daya jual sangat rendah sekali.

Firda dan Gilang berkomunikasi dengan kelompok petani tersebut dan berfikir untuk membantu bagaimana caranya singkong itu bisa jadi pundi-pundi rupiah yang bisa menambah pendapatan masyarakat di sana.

“Karena terbatasnya modal Rp 1 juta saat itu akhirnya kami menginovasikan singkong menjadi makanan unik yang bernama Keripik Kaca dengan inovasi berbagai varian rasa olahan dapur rumah tangga,” ujar Gilang.

Belum punya pabrik dan rumah produksi, Firda dan Gilang memanfaatkan ruang tamu orang tua Firda sebagai tempat produksi dan packing pertama mereka, segala aktifitas termasuk pengiriman paket ke expedisi masih oleh mereka berdua dengan konsisten dan penuh kesabaran mereka optimis dari bisnis ini mereka bisa punya pabrik, pegawai, dan bisa menyerap banyak tenaga kerja yang terdampak Covid-19.

Penjualan mereka fokuskan di marketplace seperti Shopee dan Tiktok Shop, sampai pada tahun 2021 bisnis mereka viral di Tiktok karena cerita pasangan ini memberdayakan masyarakat dan mengembangkan lokal food sebagai makanan kebanggaan masyarakat Indonesia.

Akun Tiktok Sajodosnack pun kini telah diikuti hingga 1,4 juta follower dan akun Instagram diikuti oleh lebih dari 100 ribu followers.

Menurut Gilang, kunci sukses dalam pemasaran online Sajodo Snack & Food adalah sering melakukan banyak kolaborasi dengan beberapa brand besar seperti Lozy Hijab, Yayang Kichen dan beberapa brand lainnya di flatform TikTok, Youtube dan Intagram. “Produk kita juga akhirnya sering menjadi langganan para artis dan selebram seperti Fujian, Eriskanakesya, Rklopperr, Agnesjennifer dan Nadshavv,” ujarnya.

Tidak hanya itu, jebolan Masterchef Indonesia Season 6 yaitu Jordhi Aldyan dan juga King Abdi Masterchef Indonesia Season 10 juga pernah review produk mereka.

Sampai saat ini Sajodo Snack & Food sudah memiliki 1 pabrik luas dengan 3 lantai, 1 outlet / offline Store sudah terdaftar di Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Sebagai Merk Resmi, terdaftar di Dinas Kesehatan, mempunyai sertifikat halal untuk semua produknya dan Sertifikat Nilai Gizi untuk menjamin produknya. Jumlah pegawainya 65 orang dan 2 kampung yang diberdayakan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved