Technology Trends

Sunday Kenalkan Doctor AI untuk Analisis Kesehatan Karyawan

COO Sunday
Ivan Ryadi, COO Sunday Ins Indonesia saat memperkenalkan fitur Doctor AI dalam acara IHRS 2023.

Platform full-stack insurtech Sunday Indonesia mengembangkan fitur terbaru berbasis teknologi artificial intelligence (AI) bernama Doctor AI ke dalam platform asuransi karyawan perusahaan mereka, Jolly. Integrasi AI ini pertama kali dikenalkan Sunday dalam Indonesia Human Resources Summit (IHRS) 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa (20/06/2023).

Doctor AI nantinya akan berfungsi menganalisis kondisi kesehatan berdasarkan gejala penyakit dan data riwayat kesehatan sebelumnya dari karyawan tersebut. Dengan demikian karyawan bisa mendapatkan diagnosa awal penyakit yang mungkin dideritanya. Dari situ, Doctor AI akan menyarankan apakah pengguna harus pergi ke rumah sakit untuk menjalani rawat inap/rawat jalan atau tetap tinggal di rumah. Fitur ini juga terintegrasi dengan layanan telemedicine hingga informasi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

“Semakin sering kita menggunakan Doctor AI, maka semakin pintar AI tersebut untuk melakukan deteksi gejala karena dia belajar dari input yang dimasukkan oleh karyawan. Misalnya, setiap bulan tertentu karyawan merasa pusing karena alergi. Kemudian Doctor AI akan mengirimkan notif pada karyawan tersebut untuk bersiap-siap karena bulan tersebut ada alergi, dan menyarankan untuk minum vitamin, pengobatan mandiri, atau pergi ke rumah sakit,” ujar Ivan Ryadi, COO Sunday Ins Indonesia kepada SWA Online.

Selain memudahkan karyawan untuk bisa lebih efisien dalam memutuskan apakah harus pergi ke klinik atau rumah sakit, atau cukup perawatan di rumah melalui layanan telemedis, Doctor AI akan membantu perusahaan mengurangi klaim yang tidak efisien sehingga menurunkan risiko peningkatan premi tahunan.

“Dari HC (human capital) sangat berguna karena budget akan lebih efisien, dan ujungnya perusahaan bisa mengalokasikan budget tersebut untuk benefit lain. Harapannya ini menjadi ekuilibrium, titik temunya di mana HC happy dan karyawan juga happy karena dipandu untuk lebih menjaga kesehatan,” terang Ivan.

Saat ini penerapan Doctor AI di dalam aplikasi Jolly masih dalam tahap pengembangan dan khusus untuk pelanggan asuransi B2B (Business to Business) atau perusahaan. Fitur ini ditargetkan akan bisa digunakan pada akhir tahun 2023 oleh seluruh karyawan dari pelanggan perusahaan Sunday di Indonesia.

Beberapa perusahaan seperti Lion Air, SCTV, Vidio.com, Liputan 6, Indosiar, dan Hankook Tire dengan total lebih dari 27 ribu karyawan sudah menggunakan layanan insurtech Sunday untuk proteksi asurasi mereka yang diperkuat oleh platform digital, Jolly super app.

Chief of Business Development & Partnerships Sunday Ins Indonesia, Vinia Lestianti Erwin menjelaskan, perusahaan yang memprioritaskan kesejahteraan karyawan dapat meningkatkan tingkat retensi karyawan dan produktivitas kerja mereka. Sebab, kesejahteraan karyawan telah menjadi instrumen penting bagi perusahaan dalam menarik minat talenta-talenta terbaik untuk bergabung.

“Saat ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan baik fisik maupun mental untuk menunjang kesejahteraan mereka. Dengan digitalisasi teknologi asuransi, masyarakat akan lebih mudah mengakses fasilitas kesehatan dan perlindungan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan mengoptimalkan fitur asuransi kesehatan bagi karyawan, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas kerja, mempertahankan talenta terbaiknya serta menerapkan cost-efficiency pada premi asuransi kesehatan kumpulan yang dimiliki perusahaan,” ujar Vinia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved