Marketing CSR Corner

Program The Gade Integrated Farming dari Pegadaian untuk Petani dan Peternak

Indonesia adalah negara dengan sumber daya alam yang begitu melimpah. Hal ini tentunya menjadi sebuah potensi yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh masyarakat.

Salah satu caranya dengan mengelola potensi wilayah yang memiliki tanah subur. Misalnya, sawah atau ladang. Kemudian, mendorong pengembangan sumber daya peternakan.

Memahami pentingnya sumber daya alam dan peternakan dalam keberlangsungan bisnis Tanah Air, PT Pegadaian bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung, meresmikan Rumah Produksi Kube ‘Berkah Abadi’ binaan Pegadaian, di Desa Sendang, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung (27/06/2023). Dalam kegiatan tersebut, juga diluncurkan program The Gade Integrated Farming.

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Pegadaian bertujuan untuk membantu para petani atau peternak dalam pengembangan usahanya mulai dari hulu hingga hilir.

Rangkaian peresmian Rumah Produksi Kube Berkah Abadi dan Kickoff program The Gade Integrated Farming,ditandai dengan scan telapak tangan dan pemutaran video, dilanjutkan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian Eka Pebriansyah dan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.

Eka mengungkapkan, program ini bertujuan untuk membantu para petani menciptakan sistem pertanian secara terpadu. Yakni dengan memanfaatkan keterkaitan sebagai sektor agrikultur yang dapat mendukung produktivitas lahan, peningkatan ekonomi dan konservasi sumber daya alam.

“Kami berharap, program The Gade Integrated Farming ini dapat dimanfaatkan dengan optimal, sehingga dapat membawa kebermanfaatan yang positif bagi masyarakat khususnya para pelaku usaha baik di sektor pertanian, peternakan, perikanan maupun perkebunan,” jelas Eka.

Sementara itu, Bupati Maryoto menyampaikan apresiasi kepada Pegadaian yang telah memilih Tulungagung untuk memberi pendampingan bagi para pelaku usaha lewat program The Gade Integrated Farming di Rumah Produksi Kube Berkah Abadi ini. “Pegadaian telah bersedia memberikan pendampingan dan fasilitas untuk pengembangan kelompok usaha tani dan kelompok lainnya untuk berkembang dan berdaya saing dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk membawa kebermanfaatan untuk keberlanjutan hidup orang banyak,” jelas Maryoto.

Senada dengan Maryoto, Ketua Kube Berkah Abadi Suprianto menyampaikan, kini pihaknya sudah dibekali ilmu petani organik secara baik dan benar. “Tentunya dengan hasil pendampingan dari PT Pegadaian, dan itu menghasilkan 6 item ilmu yang saya rasa untuk kita bertani secara organik itu cukup. Semoga ke depannya Kelompok Berkah Abadi bisa menjadi percontohan atau mentor kepada kelompok lain, agar kami dapat berbagi ilmu, berbagi manfaat kepada sesama peternak maupun masyarakat di sekitar,” ungkap Imam.

Hingga saat ini, program The Gade Integrated Farming sudah tersebar di 8 kota. Antara lain Madiun, Tulungagung, Depok, Bogor, Bekasi, Kulonprogo, Bantul dan Magelang.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved