Management Trends

3 Inisiatif Tingkatkan Employee Experience

tiket.com

Online Travel Agent (OTA) Tiket.com kembali memenangkan Best Company to Work for in Asia dari HR Asia. Perolehan di tahun ini juga semakin istimewa karena tiket.com memenangkan kategori Most Caring Company untuk kedua kalinya.

Perusahaan ini mendapatkan nilai tertinggi untuk dimensi grup yang mengukur Collective Consciousness, Workplace Sentiment, dan Team Dynamics. Penilaian dalam kriteria ini menunjukkan bahwa perusahaan mampu menciptakan lingkungan kerja yang mendorong timnya untuk nyaman memberikan pendapat, dan meningkatkan rasa kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama.

“Penghargaan ini menjadi salah satu bukti keberhasilan tiket.com dalam menjalankan strategi di lingkup people (human resources) untuk memberikan employee experience terbaik dan mendukung bisnis secara berkelanjutan,” ujar Dudi Arisandi, Chief People Officer Tiket.com.

Strategi tersebut dijalankan dengan tiga inisiatif utama yaitu, menarik talenta/kandidat multikultural, memotivasi perkembangan soft & hard skill karyawan, serta memaksimalkan teknologi untuk mempertahankan karyawan. Menurut Dudi, upaya ini dilakukan dalam rangka menciptakan high performing culture dan budaya kerja yang baik.

Dengan menjalankan ketiga inisiatif tersebut sepanjang 2022, perusahaan tersebut berhasil menarik lebih 135.000 talenta untuk melamar dan merekrut talenta dari 16 kewarnegaraan. Perusahaan juga terus menyediakan pembelajaran-pembelajaran untuk meningkatkan kapabilitas dan kemampuan, di mana selama 2022 berhasil menggelar 70 sesi pelatihan dengan rata-rata 6 sesi per bulan.

Penggunaan teknologi merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian di tiket.com. Hal ini memudahkan karyawan dalam bekerja, termasuk untuk memberikan tanggapan atau masukan di mana karyawan dapat menggunakan engagement system berbasis Artificial Intelligence.

Kondisi kesejahteraan karyawan tentu menjadi hal penting yang tak luput dari perhatian. tiket.com menerapkan pola flexible working arrangement yang memberikan kesempatan bagi karyawan untuk bekerja di mana saja, tidak harus setiap saat di kantor, dapat diatur sesuai kebutuhan tim.

Selain itu tersedia pula berbagai kegiatan yang mendorong kebersamaan dan membantu karyawan menerapkan pola hidup sehat seperti komunitas olahraga, juga program konseling termasuk konseling keuangan.

“Employee experience yang baik hadir dari lingkungan kerja yang kondusif. Kami ingin menjadikan tiket.com sebagai tempat yang nyaman untuk berkarya, berpendapat dan bersatu dalam mewujudkan visi bersama,” kata Dudi.

Perusahaan juga terus berupaya memberikan berbagai inisiatif yang dapat mendukung kesejahteraan sekaligus mendorong produktivitas. Dudi percaya, dengan menjaga kesejahteraan t-fam dapat mendukung dan mewujudkan komitmen tiket.com untuk memberikan solusi dan inovasi akan kebutuhan wisata dan perjalanan bagi konsumen, sekaligus mendukung pertumbuhan industri pariwisata.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved