Trends

Aquos XLED Bidik Segmen ‘Sultan’ di Indonesia

Shinji Teraoka, Presiden Direktur, PT Sharp Electronics Indonesia (kanan).

Permintaan LEDTV di Indonesia terus mengalami peningkatan penjualan baik dari sisi kuantitas maupun value. Tahun 2021 misalnya dari sisi kuantitas penjualannya sekitar 3,418 juta unit atau senilai Rp 12,45 triliun. Sedangkan tahun 2022 secara kuantitas penjualannya sekitar 3,705 juta dengab nilai penjualan setara Rp 13,59 juta unit. Peningkatan penjualan justru terjadi untuk penjualan LED premium khususnya ukuran 55 inch ke atas. Sedangkan untuk LED 24 inch dan 32 inch, justru mengalami penurunan permintaannya.

Menyadari tingginya permintaan di segmen LED TV premium, PT Sharp Electronics Indonesia tertarik untuk membidik segmen ‘Sultan’ dengan merilis Sharp TV Aquos XLED ke pasar Indonesia di bulan Juli 2023. Aquos XLED merupakan generasi baru dari pengembangan teknologi TV guna menghadirkan kualitas gambar terbaik.

Menurut Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, permintaan TV berukuran besar mengalami peningkatan dalam beberapa tahun ini. Melihat peluang tersebut, Sharp terus melakukan pengembangan teknologi guna meningkatkan kualitas produknya. Aquos XLED TV merupakan teknologi yang diciptakan Sharp dengan melakukan penggabungan bagian terbaik dari TV LCD dan OLED yang mampu menghadirkan pengalaman berbeda bagi konsumen saat menonton tayangan televisi.

Andry Adi Utomo, National Sales Senior GM, PT Sharp Electronics Indonesia menambahkan pihaknya optimis dengan peluncuran TV kelas premium kali ini, pasarnya ada dan Sharp telah mempersiapkan berbagai strategi untuk memperkenalkan teknologi baru untuk meningkatkan penjualan. “Kami menargetkan penjualan per tahun sebanyak 1.200 unit,” katanya.

Diakui Andry bila saat ini Sharp menguasai market share TV premium sekitar 11%, kehadiran seri terbaru ini diharapkan bisa mendongkrak market share hingga 20%. Untuk seri terbaru yang akan menjadi andalan Sharp, ada dua ukuran yang akan dipasarkan di Indonesia yaitu 65 inch dan 75 inch. Harganya sekitar Rp40 juta untuk ukuran 65 inci dan Rp60 juta, untuk ukuran 75 inci. “Sharp Aquos XLED TV dapat dibeli di toko – toko elektronik rekanan kami baik toko tradisional, modern channel, hingga toko elektronik premium di seluruh Indonesia,” katanya.

Menurut Hirofumi Okamoto, President of TV System Business Unit, Sharp Corporation Wilayah Asia, Timur Tengah dan Afrika merupakan pasar strategis bagi Sharp Corporation, karena tahun lalu berkontribusi sekitar 43% dari total penjualan, sedangkan pasar Indonesia sendiri berkontribusi sebanyak 37% dari total penjualan wilayah Asia. “Kami menargetkan penjualan dua digit TV di akhir tahun 2023,” kata Hirofumi.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved