Management Trends

Relokasi Kapal Kamanbiru Untuk Memperkuat Konektivitas Pulau Sulawesi

Foto : ASDP

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) merelokasi Kapal Motor Penumpang (KMP) Kambaniru dari Cabang Balikpapan ke Cabang Baubau sebagai langkah strategis guna memperkuat konektivitas wilayah di Sulawesi dengan melayani lintas penyeberangan komersial Labuan-Amolengo.

Sekretaris Perusahaan ASDP Shelvy Arifin menyampaikan ASDP mengevaluasi rute-rute penyeberangan itu sebagai bagian dari upaya meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. “Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, kami putuskan untuk merelokasi KMP Kambaniru dari Balikpapan ke Cabang Baubau pada 2 Juli 2023 demi mendukung konektivitas lintasan penyeberangan di wilayah tersebut,” ujar Shelvy dalam pernyataanya pada pekan ini.

Relokasi KMP Kambaniru ke Cabang Baubau tersebut diharapkan memberikan sejumlah manfaat yang signifikan. Perpindahan ini diproyeksikan mampu memperkuat lintasan penyeberangan komersial di wilayah Baubau melalui penyediaan pelayanan yang lebih baik dan efisien bagi pengguna jasa. KMP Kambaniru memiliki kapasitas sekitar 300 orang penumpang dan dapat memuat sekitar 40 unit kendaraan kecil dengan kapal berkapasitas GT 543.

Setelah dilakukan relokasi, ASDP bekerja sama dengan pihak terkait seperti BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) dan Dishub Sulawesi Tenggara guna memastikan kapal tersebut layak dan aman dalam menjalankan operasionalnya.

Lintasan Labuan – Amongelo saat ini menjadi akses penghubung utama bagi kegiatan pemerintahan. “Lintas penyeberangan tersebut memungkinkan konektivitas antara Pulau Buton ke Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara. Jadi, mulai dari pemberian akses bagi masyarakat umum dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, keperluan pendidikan, perawatan kesehatan, hingga perjalanan bisnis,” ucap Shelvy. Adapun lintasan tersebut juga didominasi oleh kendaraan bermuatan logistik.

General Manager ASDP Cabang Baubau, Rudy Mahmudi, menyebutkan ketersediaan KMP Kambaniru di cabang Bau-Bau ini memenuhi kebutuhan transportasi antara pulau-pulau di sekitar wilayah tersebut. “ASDP berharap dengan adanya KMP Kambaniru ini, dapat lebih memfasilitasi pertumbuhan ekonomi regional serta memperluas aksesibilitas bagi masyarakat dan pelaku usaha,” tuturnya.

Selain itu, relokasi ini juga sejalan dengan komitmen ASDP dalam mendukung program pemerintah untuk mengembangkan konektivitas dan sektor logistik di wilayah Indonesia. ASDP akan terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan keberhasilan relokasi ini serta meningkatkan kualitas layanan lintasan penyeberangan di wilayah tersebut.

ASDP berkomitmen melakukan inovasi dan peningkatan layanan demi memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna jasa. “Relokasi KMP Kambaniru merupakan salah satu langkah nyata ASDP untuk meningkatkan pelayanan dan menghadirkan layanan penyeberangan prima bagi masyarakat,” ujar Shelvy menandaskan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved