Marketing Trends

Pesta Rakyat Simpedes BRI Digelar di 362 Titik

Supari, Direktur Bisnis Mikro BRI (Tengah) (Foto: Anastasia AS/SWA)

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) kembali menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2023 untuk yang ke-15 kalinya. Event tahunan tersebut akan dimulai pada bulan Juli 2023 hingga September 2023 mendatang. PRS 2023 akan digelar di 20 Kota dengan 362 titik yang tersebar di Kecamatan dan keluarahan Seluruh Indonesia.

“Lewat Pesta Rakyat Simpedes, kami berkomitmen mendukung UMKM untuk terus tumbuh dan meraih peluang bisnisnya,” kata Supari, Direktur Bisnis Mikro BRI dalam Press Conference Pesta Rakyat Simpedes 2023 (13/07/2023). Dia mengatakan, lewat acara ini, BRI juga ingin terus mensosialisasikan penggunaan QRIS BRImo sebagai bentuk edukasi digitalisasi finansial kepada masyarakat.

Adapun 20 kota yang disebut diawal meliputi Bandung, Yogyakarta, Pasuruan, Makassar, Denpasar, Binjai, Batusangkar, Palembang, Garut, Pekanbaru, Kendari, Palu, Sorong, Ponorogo, Gresik, Singkawang, Lampung, Balikpapan, Pati, dan Purwokerto. “PRS 2023 diselenggarakan juga dalam rangka turut mendukung salah satu pilar perekonomian bangsa yaitu UMKM,”ujarnya.

Ada enam pilar program yang akan dibawa di setiap penyelenggaraan di tiap titik yakni Pasar, Panggung, Pawai, Peduli, Pojok X’sis, dan Panen. Pada pilar pasar, BRI akan mengundang ribuan UMKM dalam partisipasi PSR tahun ini. Namun, Division Head of Micro Business Development Division, Ardhi Setyarko, tidak menyebutkan angka pasti berapa target UMKM yang akan berpartisipasi di tahun ini.

“Kami ingin sebanyak-banyaknya mengundang UMKM. Namun, jika bisa dikira-kira ada ribuan yang akan datang. Dimana setiap titiknya, rata-rata akan menghadirkan 100 UMKM tergantung luas tempatnya,” kata Ardhi menambahkan. Sementara itu, pada pilar Pawai, BRI akan menggunakanya sebagai ajang literasi digital penggunaan QRIS BRImo kepada para pedagang pasar, yang diikuti dengan pawai kebudayaan pada setiap acaranya.

Pilar panen, dia mengatakan, akan diisi oleh pembagian hadiah dan doorprise. Kemudian pada pilar Pojok X’sis akan diisi oleh kelas UKM guna menambah pengetahuan bisnis pengunjung dan UMKM. Lanjutnya pada pilar peduli akan diisi oleh kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang meliputi cek kesehatan gratis, donor darah, sembako gratis, dan penukaran botol atau sampah plastik yang dapat ditukarkan dengan voucher ratusan ribu rupiah.

Terakhir pilar panggung akan menjadi area hiburan dan talkshow. Panggung ini akan disi oleh berbagai narasumber, stand up comedy dan penampilan para musisi, “Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para pengunjung dan UMKM, serta dapat menggerakkan perekonomian nasional,” ujar Supari menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved