Technology Trends

Kunci Anita Feng Mengelola 67 Cabang dan Ratusan Karyawan

Anita Feng

Pengusaha Anita Feng, ST, MM yang dijuluki Srikandi Bisnis Wirausaha Indonesia versi Asosiasi Franchise Indonesia mengungkap rahasia suksesnya dalam mengelola RoyalCorporation.ID, dengan portofolio 67 cabang dengan 29 penghargaan tingkat nasional adalah berkat implementasi Enterprise Resource Planning (ERP).

Keuntungan memanfaatkan teknologi ERP untuk manajemen inventaris atau inventory management adalah dapat mengoptimalkan dari sistem tradisional ke lebih modern. Tugas-tugas kompleks seperti pembagian tugas karyawan, pengecekan inventaris, pemantauan jam kerja, laporan keuangan dan administrasi gaji pun dilakukan.

Sebelum melakukan set up perusahaan sendiri, Anita juga memiliki 7 tahun pengalaman bekerja di perusahaan nasional dan multinasional antara lain di Nestle Indonesia, Smart Tbk, Bayer Health Care Consumer Care, Dexa Medica dan DHL Expresws Indonesia. Hal ini menjadikan dia kaya pengalaman dan menuangkannya ke dalam berbagai bisnis yang digeluti termasuk RoyalERP, dengan tujuan utama mendukung pengusaha Indonesia naik level, menjadi ratu di negeri sendiri dan berkembang menjadi brand multinasional.

“Perusahaan multinasional di tempat saya bekerja sebelumnya, semuanya menggunakan sistem ERP, sehingga mereka dapat memonitor lini bisnisnya di berbagai negara seluruh dunia,” ujar Anita, Pendiri RoyalERP.ID, dan holding company RoyalCorporation.ID dalam keterangan tertulis pekan ini.

Terinspirasi dari hal tersebut, maka Royal melakukan pengontrolan multibisnis, multibranch serta multimarket melalui Royal ERP. Dengan sistem ERP yang dikembangkan tersebut, semua departemen dapat terintegrasi dengan baik, data tersedia real time, stok produk teratur dengan baik, keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan cashflow dapat termonitor, membuat perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat.

Teknologi ini menurutnya telah mendukung peningkatan omzet, kelancaran operasional dan penurunan biaya hingga dia sukses mengembangkan puluhan cabang di seluruh Indonesia. “Melalui lini bisnis RoyalERP.ID. Kami ingin men-support pengusaha Indonesia next level, dapat terkontrol dari mana saja meskipun manajemen sedang tidak di kantor. Ekspansi terasa lebih mudah, stok produk, kinerja SDM, aliran arus kas maupun progress masing-masing projek nasional dapat termonitor dengan baik,” tutur Anita.

Anita menuturkan, dengan pengalaman Royal selama 13 tahun dengan puluhan outlet dan mengelola ratusan SDM menjadi modal dasar yang tepat untuk menyusun ERP yang tepat. Apalagi dia menyadari bahwa setiap bisnis unik, dan sistem ERP terbaik adalah sistem yang disesuaikan dengan flow perusahaan serta implementasi yang tepat, membuat sistem bisnis dapat terkontrol dengan baik dengan real time, dan menjadi modal untuk membuat keputusan dengan tepat.

Ketika mendengar sistem ERP, terkadang yang ada di pikiran pengusaha adalah, software dari luar negeri yang harganya mahal sekali, baik softwarenya maupun implementasinya. Sedangkan di sisi lain, bisnis perlu terkontrol secara real time dan dapat mendukung learn organization. “Maka RoyalERP.ID muncul dengan solusi : software ERP yang sesuai dengan bisnis pelaku usaha. Tiap flow-nya disusun custom, sehingga dapat diimplementasikan dengan baik, dikontrol real time dan membantu manajemen membuat keputusan,” dia menambahakan.

RoyalERP.ID menawarkan visibilitas real time dan kontrol di semua aspek bisnis, mengkonsolidasikan data dari berbagai departemen antara lain finance, inventory, sales, HRD ke database yang tersentralisasi. Sentralisasi database ini membuat manajemen dapat memonitor dan menganalisa Key Performance Indicator serta membuat keputusan yang tepat. Dengan informasi yang akurat dan selalu terkini, membuat perusahaan memiliki kontrol yang baik baik dari sisi operasional, finance, sumber daya manusia maupun marketing.

Sistem RoyalERP.ID membuat manajemen menjadi efisien, bisnis proses makin ramping dan terotomasi, tersedia tools yang nyaman untuk mengelola stok, pembelian, planning produksi, mengalokasikan kebutuhan dan semua proses bisnis lainnya. RoyalERP.ID memfasilitasi kolaborasi antar departemen berjalan dengan lancar.

Anita mengatakan dengan menggunakan RoyalERP.ID dapat meningkatkan profit perusahaan melalui beberapa hal sekaligus. Data yang tersedia akurat dan real time, perusahaan dapat membuat keputusan berdasarkan data, yang mengoptimalkan sumber daya serta menekan biaya.

Sebagai contoh manajemen stok dapat mencegah terjadinya pasakona produk terlalu banyak atau kehabisan stok. RoyalERP.ID juga dapat menurunkan waktu untuk memenuhi order, sehingga konsumen lebih puas berdampak dapat kembali untuk order dan meningkatkan omzet perusahaan. Di sisi lain, otomatisasi proses financial seperti invoice dan laporan keuangan dapat meningkatkan manajemen arus kas dan menurunkan kemungkinan eror dalam pencatatan keuangan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved