Youngster Inc. Entrepreneur

Filmore Berdayakan Perempuan Lewat Produk Ramah Lingkungan

Gitta Amelia, CEO Filmore

Beberapa topik kesehatan wanita masih dianggap tabu dalam budaya atau masyarakat di Tanah Air. Hal ini menyebabkan kurangnya diskusi terbuka, akses terbatas terhadap informasi yang akurat, dan kurangnya dukungan untuk perempuan yang mengalami masalah kesehatan tertentu.

Berangkat dari kerisauan ini, Gitta Amelia membangun Filmore pada Januari 2022. Sebuah gerakan sosial dengan misi memberdayakan perempuan melalui produk kesehatan yang bersih, nyaman, ramah lingkungan, dan sustainable.

Gitta bersama dengan Andrea Gunawan dan Grace Tahir, memulai Filmore dari sebuah komunitas online di platform Discord yang mengajak 1.000 perempuan Indonesia untuk menyuarakan dan berbagi tentang masalah kesehatannya.

“Saya menyadari bahwa kesehatan adalah fondasi dari segala hal. Kita tidak bisa bicara pendidikan maupun kecantikan sebelum kita bicara kesehatan. Makanya di 2021 saya mulai dengan membangun komunitas online anonymous di Discord. Di komunitas ini kita bisa berbicara semua hal tentang kesehatan wanita,” ujar Gitta dalam acara Young on Top di Jakarta (15/07/2023).

Salah satu masalah yang paling banyak disoroti dari komunitas tersebut adalah penggunaan menstrual cup. Gitta menyebut, sebagian besar perempuan Indonesia dan Asia merasa tidak nyaman menggunakan menstrual cup. Pasalnya, kebanyakan produk menstrual cup yang beredar di Indonesia berasal dari negara seperti Amerika Serikat dan Eropa.

“Sudah banyak wanita Indonesia yang mendengar tentang menstrual cup tetapi tidak banyak yang pernah mencoba, dan yang sudah mencoba pun selalu gagal. Bahkan saya sendiri sudah mencoba 6 brand tetapi gagal semua. Akhirnya kita riset dan tanya dengan obgyn, ternyata wanita Asia berbeda dengan negara barat. Sementara produk kesehatan wanita yang banyak beredar di Indonesia berasal dan dirancang sesuai dengan perempuan Amerika dan Eropa,” jelasnya.

Dengan mempertimbangkan masalah ini, mereka mulai merancang produk menstrual cup yang disesuaikan dengan panjang serviks dan ukuran panggul perempuan Indonesia dan Asia. Filmore pun akhirnya hadir dengan produk Girlfriend Menstrual Cup.

Gitta mengaku, pada awalnya, mereka menghadapi tantangan besar dalam memperkenalkan produk mereka yang baru dan berbeda. Mereka harus mengatasi stigma sosial seputar menstruasi dan membangun kepercayaan konsumen terhadap produk mereka. Namun, melalui pendekatan pemasaran yang kreatif, kampanye yang kuat, dan kerja keras mereka, Filmore akhirnya mendapatkan pengakuan dan popularitas. Bahkan, Girlfriend Menstrual Cup telah terjual hingga ribuan pieces.

“Kami sudah menjual ribuan menstrual cup dan menjadi menstrual cup terlaris di Indonesia. Sampai saat ini pun belum ada satu komplain terkait produk ini, bahwa mereka tidak bisa atau sulit sekali menggunakan produk ini. Ini salah satu kebanggaan kami bisa berhasil sampai sejauh ini,” ucapnya dengan nada bangga.

Filmore tidak hanya mengubah cara perempuan mengelola menstruasi, tetapi juga memiliki komitmen kuat terhadap keberlanjutan lingkungan. Mereka menggunakan bahan ramah lingkungan dan mengurangi sampah plastik yang dihasilkan oleh pembalut sekali pakai.

Bisnis mereka pun berkembang pesat, dengan perluasan produk termasuk pakaian dalam menstruasi, antiseptik untuk mencegah infeksi bakteri dan jamur di area intim, biodegradable wet wipes, hingga multivitamin untuk kesehatan kulit.

“Kesehatan perempuan adalah sebuah bidang yang sangat menantang. Itulah mengapa kami membangun Filmore, kami ingin menyediakan informasi, edukasi, hingga produk yang dapat mengubah kehidupan perempuan Indonesia. Filmore adalah satu-satunya merek lokal yang mendesain dan memiliki produk kesehatan wanita. Kami produksi sendiri,” tutur Gitta.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved