Corporate Action

Lepas 15,64% Saham, ITSEC Asia Bidik Dana Segar Rp Rp 110.9 Miliar

Andri Hutama Putra, Direktur Utama ITSEC Asia (tengah).

Salah satu perusahaan cyber security yaitu PT ITSEC Asia Tbk. (CYBR) akan melaksanakan penawaran umum perdana (Initial Public Offering/IPO) dengan melepas saham sebanyak 1.008.734.800 saham baru. atau sebanyak 15,64% dari modal ditempatkan dan disetor. Menurut Andri Hutama Putra, Direktur Utama ITSEC Asia, harga yang ditawarkan kepada masyarakat sekitar Rp 100 hingga Rp 110 per saham. “Kami menargetkan akan mendapatkan dana segar senilai Rp 110,9 miliar,” katanya.

Ia menambahkan, rencananya dana IPO setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, sekitar 87% akan digunakan sebagai modal kerja untuk mendukung perluasan tim cybersecurity di Indonesia, Singapura dan Australia. Sedangkan sisanya sekitar 13% akan digunakan sebagai belanja modal untuk mendukung perluasan tim cybersecurity di Indonesia, Singapura dan Australia, serta untuk melakukan ekspansi di wilayah-wilayah dimana Manajemen Perseroan melihat adanya peluang pasar.

Doni Mora, Direktur Keuangan ITSEC Asia, menambahkan, perusahaan ini tahun 2021 membukukan pendapat bersih Rp 118 miliar, sedangkan hingga akhir tahun 2022, pendapatan bersih mencapai Rp 187 miliar atau meningkat 58,07%. Total pendapatan bersih diperoleh dari laporan konsolidasi perseroan yang beroperasi di tiga negara yaitu Indonesia, Singapura, dan Australia. Pertumbuhan bisnis ini menjadi tolok ukur kesuksesan ITSEC Asia menjadi salah satu perusahaan keamanan informasi yang terdepan dan terpercaya di industri ini.

Dalam menjawab berbagai tantangan keamanan siber dalam perusahaan dan organisasi, ITSEC Asia mengembangkan dua layanan utama, yaitu Managed Security Services (MSS) yang terdiri dari Pemantauan Jaringan Perusahaan Terkelola, Pemantauan Keamanan/Pemantauan Keamanan Cloud, Proteksi dan Deteksi Malware Tingkat Lanjut, dan layanan lainnya, serta Professional Security Services (PSS) yang terdiri dari Pengujian Penetrasi & Red Teaming, Keamanan Aplikasi, dan Forensik Digital & Respons Insiden.

Diakui Andri, pasar MSS dan adopsi PSS mengalami pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Tren ini diperkirakan akan berlanjut di tahun-tahun mendatang karena perusahaan-perusahaan semakin sadar akan risiko yang ditimbulkan oleh ancaman siber. Seiring dengan banyaknya bisnis yang menyimpan data sensitif dan menjalankan operasinya secara daring, kebutuhan akan langkah-langkah keamanan siber yang kokoh menjadi sangat penting. “Kedepannya, persyaratan kepatuhan seperti privasi data dan peraturan keamanan siber akan tetap menjadi pendorong utama permintaan solusi layanan keamanan siber,” ujar Andri.

PT ITSEC Asia Tbk merupakan perusahaan penyedia layanan, solusi, dan teknologi keamanan informasi yang menawarkan jasa keamanan siber dalam tiga tahap, yaitu Penilaian, Implementasi, dan Analisis, untuk memastikan perlindungan atas infrastruktur Teknologi Informasi (TI) perusahaan-perusahaan terhadap ancaman siber dengan tetap mematuhi peraturan kepatuhan dari pemerintah.

Dalam menyediakan berbagai layanan dan solusi keamanan siber kepada pelanggan di seluruh dunia, ITSEC Asia telah membangun jaringan mitra yang kuat terutama di Asia Pasifik. Jaringan tersebut mencakup pemasok teknologi paling canggih yang memiliki produk dan solusi keamanan yang telah teruji dalam keamanan jaringan, keamanan endpoint, intelijen ancaman, keamanan surel, gateway, perlindungan beban kerja cloud, keamanan aplikasi, pengelolaan kata sandi, vulnerability management, dan lain-lain.

“Keamanan informasi merupakan tulang punggung kesuksesan transformasi digital. Dalam berbagai bidang, transformasi digital yang diharapkan membawa banyak kemudahan, efisiensi, peningkatan efektivitas dan output kinerja, perlu ditunjang dengan infrastruktur keamanan siber yang tangguh. “Hal ini yang mendorong ITSEC Asia terus berperan aktif dalam membangun ekosistem keamanan siber yang baik, tidak hanya dalam sektor usaha melalui solusi keamanan, namun juga dalam berbagai kegiatan peningkatan literasi keamanan digital bagi masyarakat,” kata Andri.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved