Marketing Trends

Transaksi AstraPay Tembus Rp51,8 Triliun, Ini Pendorongnya

AstraPay mencatatkan pertumbuhan positif sejak beroperasi di Februari 2020. Platform e-money dan digital payment dari Grup Astra ini berhasil membukukan pertumbuhan nilai gross transaction value (GTV) sampai dengan Juni 2023 sebesar Rp51,8 triliun. Angka ini tumbuh empat kali lipat dibanding periode yang sama di tahun lalu.

Jumlah pengguna yang telah terdaftar di aplikasi AstraPay juga tercatat telah mencapai lebih dari 10 juta pengguna pada Juni 2023, atau meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022.

CEO AstraPay, Rina Apriana menjelaskan, pertumbuhan kinerja ini didukung dengan perubahan perilaku konsumen dalam bertransaksi. Inklusi pembayaran digital yang meningkat di masyarakat Indonesia mendorong pertumbuhan nilai GTV AstraPay meningkat secara signifikan.

“Hal ini juga menjadi motivasi perusahaan untuk kembali berpartisipasi sebagai sponsor utama di Sanur Village Festival 2023, sehingga diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat Bali dengan memberikan pengalaman bertransaksi digital yang mudah, nyaman dan tentunya memberikan banyak keuntungan sepanjang acara,” katanya.

Menurut Rina, acara besar seperti ini merupakan salah satu media promosi yang sangat bermanfaat bagi pihaknya untuk mengedukasi masyarakat mengenai kenyamanan bertransaksi secara digital. Tidak hanya bagi AstraPay, Rina menyebut, event ini juga bermanfaat bagi para UMKM yang berpartisipasi.

“Harapannya, para UMKM dapat memanfaatkan pembayaran secara digital ini sehingga dapat bertransaksi tanpa memikirkan masalah uang kembalian ataupun uang hilang, serta seluruh transaksi dapat tercatat dengan rapih dan lengkap. Uang hasil penjualan akan masuk langsung ke rekening penjual,” jelasnya.

Pada 17 Juli 2023 lalu, AstraPay bersama dengan penyelenggara telah menyatakan komitmennya untuk terus mendukung pembayaran digital di seluruh masyarakat Bali dengan memberikan promosi yang menarik, mulai dari pembelian atau pembayaran harian seperti listrik, pulsa, atau paket data hingga penawaran khusus di angsuran, servis untuk motor dan mobil di seluruh Grup Astra.

Dalama acara ini pun ditargetkan akan ada 50.000 transaksi di AstraPay yang datang dari pembelian makanan, minuman dan tiket masuk. AstraPay juga turut mengedukasi para UMKM untuk menggiatkan transaksi digital sehingga mereka dapat mempunyai catatan transaksi keuangan yang valid dan dapat digunakan sebagai dokumen pendukung untuk mempermudah pembisnis mendapatkan permodalan dari institusi keuangan.

“Kemudahan transaksi menjadi satu hal penting dalam sebuah event. AstraPay sebagai sponsor utama memberikan berbagai promo mulai dari pembelian tiket offline dengan potongan Rp5 ribu hingga cashback sebesar 20% untuk seluruh transaksi menggunakan QRIS di AstraPay,” tutur CMO AstraPay, Reny Futsy Yama.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved