Financial Report Capital Market & Investment

Kinerja Grup Mitra Adiperkasa Kuartal II 2023 Kompak Naik

Babyz Station, lini bisnis terbaru dari MAPA. (Foto Ubaidillah/SWA)

Peritel multi-channel brandedcommerce di Indonesia PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) dan anak usahanya PT MAP Aktif Adiperkasa (MAPA) mengumumkan kinerja untuk Kuartal II 2023. Pendapatan, laba usaha, serta EBITDA grup kompak naik.

Pada Kuartal II/2023 MAPI mengalami peningkatan pendapatan bersih 23% menjadi Rp8,1 triliun dari Rp6,6 triliun, dan GPM meningkat dari 45,6% menjadi 46,4%. Laba usaha melonjak 27,9% menjadi Rp1,1 triliun dari Rp836 miliar, EBITDA tumbuh 21,6% menjadi Rp1,7 triliun dari Rp1,4 triliun. Sementara laba bersih naik menjadi Rp766 miliar dari Rp622 miliar.

PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) untuk sports, kids, dan leisure mencatat pertumbuhan pendapatan bersih sebesar 36,6% menjadi Rp3,2 triliun dibandingkan dengan Rp2,4 triliun pada tahun sebelumnya. Selain itu, margin laba kotor (GPM) mengalami peningkatan, mencapai 49,2% dibandingkan dengan 48,6% pada periode yang sama tahun lalu.

Laba usaha MAPA tumbuh 29,9% menjadi Rp527 miliar dari Rp406 miliar. EBITDA tumbuh 28,2% menjadi Rp720 miliar dari Rp561 miliar, dan laba bersih melonjak menjadi Rp386 miliar dari Rp307 miliar.

Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications, and Sustainability of MAP Group menyatakan, kinerja Kuartal II konsisten menunjukkan efektivitas model bisnis multi-brand MAPI. Tahun ini merupakan periode Lebaran pertama tanpa pembatasan kegiatan masyarakat, yang ditetapkan sejak awal pandemi Covid-19.

“Perusahaan melihat adanya peningkatan momentum di seluruh Grup MAP. Setelah periode Lebaran yang sukses, penjualan terus meningkat di bulan Juni, terutama selama masa liburan sekolah. Momentum yang berkelanjutan ini menunjukkan daya tarik dan minat pelanggan terhadap produk dan layanan kami,” katanya dalam rilis resmi, dikutip Kamis (27/07/2023).

Pada bulan Juni, MAPI telah menjalin kemitraan dengan Frasers Group melalui Sports Direct Malaysia, untuk memperkenalkan dan mengoperasikan Sports Direct di Indonesia. Kolaborasi ini memungkinkan MAPI untuk memanfaatkan kekuatan masing-masing, menciptakan peluang pertumbuhan baru dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Ke depannya, fokus utama perusahaan adalah mengoptimalkan sinergi dan menciptakan nilai lebih tinggi dari seluruh bagian MAPI. Untuk mempertahankan dan meningkatkan momentum positif pada semester kedua tahun ini, MAPI akan memanfaatkan kekuatan portofolio brand, mempercepat pertumbuhan, serta mendorong inovasi melalui platform digital dan kemampuan analisa data.

Ratih menambahkan berakhirnya pembatasan Covid-19, terdapat peningkatan kunjungan pelanggan di gerai. Untuk itu, pihaknya percaya dengan kekuatan model ritel multi-channel yang didukung oleh MAPCLUB sebagai penghubung dengan para pelanggan.

“Keanggotaan MAPClub terus berkembang dari tahun ke tahun, dan kontribusi member terhadap penjualan grup secara keseluruhan telah menunjukkan pertumbuhan yang substansial. Hasil yang telah dicapai ini mencerminkan efektivitas keterlibatan langsung dengan pelanggan dan manfaat yang berkelanjutan dari program loyalitas kami yang terus berkembang,” ucapnya.

Selanjutnya platform omni-channel MAPA merupakan komponen kunci dari visi strategis Perusahaan. Platform terintegrasi MAPA, yang mencakup berbagai kanal distribusi seperti mal, kanal online, dan marketplace, secara khusus dirancang untuk memenuhi permintaan yang terus berkembang dari pelanggan kapanpun dan dimanapun. Dengan terus mengadopsi kemajuan teknologi dan solusi inovasi untuk memberikan pengalaman belanja yang seamless, MAPA yakin akan mengoptimalkan seluruh potensinya dan menciptakan nilai jangka panjang.

Selain itu, Ratih menekankan bahwa kesuksesan MAPA didukung oleh kolaborasi yang kuat dengan mitra brand pilihan, yang menjadi dasar dari kinerja bisnis Perusahaan. “Dengan strategi integrasi kanal online dan offline, serta memanfaatkan data dari MAPCub, MAPA akan mampu mengoptimalkan pertumbuhan penjualan, menargetkan pelanggan secara efektif, dan memberikan pengalaman belanja yang dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved