Trends

Bersama 14 Media Lain, SWA Nyatakan Mundur dari Keanggotaan AMSI

website SWAOnline (www.swa.co.id)

SWA Group, yang menjadi anggota Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) melalui swa.co.id, menyatakan mundur dari keanggotaan tersebut, bersama dengan 14 media lainnya. Dari 15 media yang mundur dari keanggotaan AMSI tersebut, 8 di antaranya merupakan pendiri asosiasi yang didirikan pada tahun 2017 ini.

Adapun 15 media yang mundur dari keanggotaan AMSI adalah; detikcom (detik.com), CNN Indonesia (cnnindonesia.com), kumparan (kumparan.com), Gatra (gatra.com), SWA (swa.co.id), The Jakarta Post (thejakartapost.com), Metro TV (metrotvnews.com), Medcom.id, Infobank (Infobanknews.com), CNBC Indonesia (cnbcIndonesia.com), Kompas.com, Beritasatu (Beritasatu.com), Investor (Investor.id), Jakarta Globe (jakartaglobe.id) dan Bisnis.com.

Berikut pernyataan bersama dari 15 media tersebut:

Dalam website AMSI dinyatakan, Asosiasi Media Siber Indonesia, disingkat AMSI, adalah organisasi yang dibentuk bersama 26 pemimpin redaksi dan perusahaan media siber yang ada di Indonesia. AMSI bertekat membangun ekosistem media siber yang berkualitas dan berkelanjutan. Berkualitas dari sisi konten atau jurnalistiknya dan berkelanjutan dari sisi bisnis. Dengan demikian, tujuan utama kesejahteraan anggotanya bisa terwujud.

AMSI didirikan di tengah suasana psikologis penuh keprihatinan merebaknya berita bohong, berita palsu, atau yang kerap diistilahkan sebagai hoaks di tengah masyarakat Indonesia. Sangat ironis karena produksi, penyebaran dan reduplikasi berita hoax acapkali mengatasnamakan media siber yang diamplifikasi secara masif melalui media sosial.

Namun, dalam perkembangannya, ke-15 pimpinan media menilai bahwa dinamika yang terjadi tidak lagi sejalan dengan tujuan awal organisasi ini. Sehingga, mereka sepakat mengundurkan diri dari organisasi ini, terhitung sejak 28 Juli 2023.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved