Trends Economic Issues

SMPT Operasikan 8 Terminal Baru dari Aceh Hingga Nusa Tenggara

Dalam upaya melaksanakan inisiatif strategis dan aksi strategis koporasi Subholding BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) memperluas jangkauan layanannya. SPMT secara resmi melakukan serah terima operasi (STO) di 8 terminal dari Pelindo dengan kegiatan seremoni yang digelar secara hybrid dan dipusatkan di Terminal Gili Mas, Lombok pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Sebanyak 8 terminal tersebut di antaranya Malahayati dan Lhokseumawe di Aceh, Tanjung Emas di Jawa Tengah, Gresik di Jawa Timur, Lembar dan Badas di Nusa Tenggara Barat, serta Parepare dan Garongkong di Sulawesi Selatan.

Direktur Utama PT Pelindo Multi Terminal Yon Irawan dalam sambutannya mengungkapkan, bergabungnya 8 terminal ini akan semakin memperkuat SPMT dalam mencapai target kinerja di tahun 2023, dengan potensi besar yang dimiliki enam branch pelabuhan ini.

“Kita sering dengar tentang pelabuhan adalah biaya logistik yang masih bisa dioptimalkan lagi dengan mengurangi logistical cost dan nantinya akan menjadi lebih efisien, termasuk termasuk dalam aspek keselamatan. Tantangannya adalah bagaimana caranya meningkatkan produktivitas serta mengutamakan standar keselamatan kerja,” ungkap Yon.

Oleh karena itu, SMPT mengajak seluruh stakeholders kepelabuhanan untuk bersinergi menghadirkan pelayanan yang lebih baik. “Kami berharap melalui pengelolaan terminal-terminal ini oleh SPMT, kami akan melakukan yang terbaik dan terus menggenjot transformasi pelabuhan, dan untuk itu, kami sangat mengharapkan masukan dari segala aspek,” sambung Yon.

Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Putut Sri Muljanto menuturkan, serah terima operasi ini sebagai tanda untuk meneruskan langkah yang lebih baik, dan ke depannya akan ada penyerahan terminal lainnya yang akan dilakukan secara bertahap. “Tugas kita saat ini adalah memperbaiki terminal yang dioperasikan oleh Pelindo, dan langkah selanjutnya adalah kita akan melakukan standarisasi terminal-terminal yang ada,” ucap Putut dikutip dalam keterangan resmi, Rabu (02/08/2023).

Sementara itu Komisaris Utama PT Pelindo Multi Terminal Darwanto erharap seluruh jajaran SPMT, termasuk anak perusahaan dan seluruh branch untuk bersama memberikan upaya maksimal guna memberikan kinerja terbaik, sehingga SPMT mampu menjadi business leader dalam industri kepelabuhanan nonpetikemas di Indonesia.

Kegiatan ini juga berlangsung secara go live di Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Badas, Pelabuhan Malahayati, Pelabuhan Lhokseumawe, Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Gresik, dan Pelabuhan Parepare serta Pelabuhan Garongkong.

Secara simbolis kegiatan seremonial STO 8 terminal di 6 branch ini juga disertai pemberian santunan kepada anak yatim secara serentak di seluruh lokasi. Selain itu, dilakukan juga penyerahan SK Alih Tugas dan APD SPMT kepada para struktural dan pegawai operasional masing-masing branch, dan ditutup dengan momen pemotongan dan doa bersama untuk kemajuan perusahaan ke depannya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved