Marketing Trends

Mesin Roasting Terbaru Ini Gunakan Teknologi yang Banyak Dicari

Jo William Faranes menunjukkan mesin roasting Probat 01e.

Probat Indonesia, perusahaan peralatan kopi, merilis dua produk terbaru yaitu Probat 01e (P01e) dari lini P dan seri BRZ. akhir Juli 2023. Keduanya menggunakan teknologi terbaru yang lebih ramah lingkungan dan memberikan fleksibilitas bagi roaster untuk mencapai proses roasting yang optimal.

Direktur PT Nutraco Mesindotama authorized distributor Probat untuk Indonesia Jo William Faranes mengungkapkan bahwa Probat P01e dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengoperasian skala kecil dan uji coba roasting. Dengan menggunakan tenaga listrik dalam pengoperasiannya, mesin ini diklaim menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan dengan mengurangi gas buang emisi. Dengan kapasitas roast batch mulai dari satu kilogram hingga empat kilogram, Probat P01e dapat menjadi pilihan ideal untuk memproduksi dan mengoptimalkan roasted bean dalam jumlah yang lebih kecil dengan tingkat presisi yang tinggi.

“Meski hadir dengan dimensi yang ringkas, Probat P01e dilengkapi dengan sistem kontrol yang mirip dengan model P series yang menggunakan pemanas bertenaga gas. Pemanas gas elektrik pada Probat P01e menawarkan respons instan yang setara dengan versi yang menggunakan tenaga gas, memungkinkan hasil pemanggangan bertenaga gas dapat langsung diproses kembali menggunakan dengan kualitas yang identik dan dapat terus diproduksi kembali tanpa mengurangi kualitas,” katanya.

Keunggulan utama produk ini diklaim William terletak pada kemampuannya untuk menghasilkan biji kopi berkualitas secara konsisten. Dengan pengukuran suhu selama proses roasting yang terus terdata, Probat P01e memiliki memori cerdas untuk menyesuaikan suhu secara optimal, menghasilkan biji kopi berkualitas yang konsisten.

“Fleksibilitas dalam mengatur jumlah kapasitas roasting secara individual memberikan pengalaman maksimal dalam mengendalikan aroma khas dari setiap jenis kopi. Efisiensi tinggi tercapai melalui sistem roasting dan cooling yang beroperasi secara terus menerus, didukung oleh insulasi termal yang dioptimalkan, untuk memastikan kebutuhan energi yang lebih efisien,” ujarnya.

Sementara untuk seri BRZ adalah seri terkecil dari Pobat drum roasters, yang hadir dengan traditional roasting drum yang dipasang secara berputar dengan handle di bagian belakang untuk memudahkan pengosongan cooling sieve yang berada di depan. Dilengkapi dengan pemanas bertenaga gas dan elektrik pada bagian bawah drum, BRZ memberikan fleksibilitas bagi roaster untuk mencapai proses roasting yang optimal.

“Pengukur suhu terpisah untuk setiap roasting drum pada BRZ memastikan pengendalian yang presisi dalam proses roasting, menghasilkan biji kopi dengan kualitas dan konsistensi terbaik. Dilengkapi dengan cyclone, BRZ juga memastikan pemisahan chaff dari saluran udara, menjaga kualitas produksi kopi yang unggul,” ungkapnya.

Andrew Tandra, roaster kopi profesional dan Pendiri A Roastwork, serta Brand Ambassador Probat Indonesia, menyatakan, Probat 01e adalah alat roasting yang luar biasa, yang dapat memberikan kemudahan dalam pengoperasian skala kecil dan uji coba pemanggangan, serta menghasilkan biji kopi berkualitas. Dengan teknologi terbaru, membuat mesin semakin reliable, user friendly dan dapat meroasting dengan hasil yang baik dan konsisten.

“Sementara itu, seri BRZ memberikan pengalaman roasting yang berbeda dengan pendekatan yang lebih responsif dan kualitas terbaik. Saya sangat bersemangat dengan peluncuran produk-produk inovatif ini karena akan membawa industri kopi Indonesia menuju ke tingkat yang baru,” ucap Andrew.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved