Property

Milenial Pencari Properti di Lamudi Naik Hingga 78,5%

ilustrasi perumahan.

Lamudi, perusahaan teknologi properti (PropTech) mencatat bahwa pada Semester 1 2023 pencari properti usia 25 sampai 34 tahun atau yang termasuk dalam generasi milenial meningkat 78,5% pada platformnya. Generasi milenial telah menjadi kekuatan utama dalam berkembangnya digitalisasi sektor properti saat ini.

Lonjakan jumlah pencari properti milenial di platform Lamudi mencerminkan pentingnya peran generasi ini dalam mendorong pertumbuhan digital sektor properti di Indonesia. Namun hal ini juga menunjukkan pentingnya pelaku industri untuk mempersiapkan diri akan kemajuan teknologi yang membuat perjalanan pembelian properti semakin cepat dan mandiri.

Pencari properti di kelompok usia milenial mayoritas merupakan pembeli properti pertama kali yang masih perlu panduan dan arahan dari pelaku industri terpercaya terutama agen properti yang menjembatani pengembang dan calon pemilik. Sehingga mereka rawan menjadi sasaran para pengembang nakal.

Merespons tren ini, Lamudi memasarkan cluster baru dari projek Darmawangsa Residence yaitu Mandapa Resort Living yang sesuai dengan preferensi dan gaya hidup generasi milenial. Sebagai perusahaan PropTech, Lamudi telah membangun ekosistem digital properti yang menghadirkan solusi menyeluruh agar semua dapat memasarkan, menyewa, menjual, membeli, dan membiayai propertinya.

Mart Polman, CEO Lamudi Indonesia menyatakan, pertumbuhan pengguna milenial di platform Lamudi mencerminkan peran penting PropTech dalam menjembatani developer dan pencari properti. Selama delapan tahun berdiri, Lamudi sudah dipercaya oleh developer-developer di Indonesia untuk memasarkan lebih dari 425 proyek propertinya.

Sebelumnya, laporan Lamudi Property Highlights 2022 menemukan tiga keluhan yang sering diterima agen yaitu harga (37%), lokasi (24%), dan layanan ke calon pembeli (15%). Dengan harga sebagai keluhan terbanyak, keluhan tersebut juga mencakup informasi seputar pembayaran dan literasi finansial seperti bantuan pengecekan kelengkapan dokumen calon pengaju KPR, penghitungan gaji untuk cicilan KPR dan pencarian bank yang sesuai dengan tingkat pendapatan calon pembeli.

Mart Polman menyatakan bahwa tiga keluhan utama yang sering diterima oleh agen menekankan pentingnya peran agen properti dalam meningkatkan kualitas layanan konsultasi yang diberikan kepada calon pembeli properti. Untuk itu, agen dalam jaringan Lamudi dapat memberikan informasi mengenai hal tersebut dengan jelas.

“Seluruh agen yang termasuk dalam jaringan Lamudi dipastikan dapat memberikan informasi pendukung pembuatan keputusan seperti harga, lokasi, dan infrastruktur pendukung di sekitar lokasi. Terutama dalam aspek harga, agen dituntut untuk membantu calon pembeli dalam hal literasi finansial,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved