Trends

Ini Alasan IPB Buka Pendaftaran Program Studi Dokter

IPB University mulai membuka pendaftaran untuk jenjang program studi (prodi) Dokter, Fakultas Kedokteran (FK) untuk jenjang sarjana (S1). Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 5-11 Agustus 2023. Nantinya ujian dilaksanakan secara dari pada 12 Agustus 2023. Pengumuman seleksi akan diumumkan pada 15 Agustus mendatang

Calon mahasiswa FK IPB University yang diterima selanjutnya dapat melakukan registrasi ulang pada 14-18 Agustus 2023. Pada periode yang sama, FK IPB University juga memberikan masa sanggah apabila ada peserta yang merasa tidak puas terhadap pengumuman hasil seleksi. Bagi mahasiswa baru yang dinyatakan diterima di FK IPB University wajib untuk melakukan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) dan biaya pengembangan institusi dan fasilitas (BPIF). Pembayaran UKT dan BPIF dibuka selama empat hari, yakni tanggal 14-18 Agustus 2023. Sementara, awal perkuliahan dimulai pada 21 Agustus 2023.

Menurut Rektor IPB University, Prof Arif Satria ada lima alasan pendirian FK IPB University. Kelima alasan tersebut antara lain pemenuhan kebutuhan akan tenaga dokter di Indonesia, terutama di Jawa Barat; IPB University memiliki kontribusi penting dalam penanganan krisis pandemi COVID-19; peran IPB University dalam inovasi biomedis; peran IPB University dalam pengembangan ‘one health’ (kesehatan semesta); pengembangan Agromaritim 4.0.

Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof drh Deni Noviana menjelaskan, kurikulum FK IPB University dibuat sesuai Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) 2021. Kurikulum tersebut didesain untuk menghasilkan dokter yang profesional, kompeten, beretika serta memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat primer, dengan kompetensi keunggulan kedokteran agromaritim dan pendekatan one health.

“Struktur kurikulum juga disusun mengikuti komponen Kurikulum 2020 Integrasi Multistrata IPB University (K2020 Multistrata) dengan pemantapan life base learning yang akan menghasilkan lulusan yang unggul, lincah dan adaptif terhadap perubahan,” ujarnya dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (8/8/2023)

Adapun, proses pembelajaran di FK IPB University menerapkan model SPICES: Student Centered, Problem Based Learning, Integrated Teaching, Community-based, Electives and Systematic. Profil lulusan FK IPB University diharapkan menjadi klinisi yang andal, pendidik yang berdedikasi, peneliti yang unggul, agen perubahan dan pembangunan sosial dan innopreneurship yang adaptif di era industri.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved