Profile Profil Profesional

Mengenal Budi Wahju Soesilo, Nakhoda Baru Pupuk Kaltim

Kehadiran kembali Budi Wahju Soesilo di keluarga besar PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) yang menggantikan Rahmad Pribadi dipercaya dengan tugas baru sebagai Direktur Utama PKT. Budi sudah siap dengan inovasi dan strategi terbaik untuk memajukan perusahaan di masa kepemimpinannya.

Kiprah di industri pupuk justru dimulai dari PKT sejak Agustus 2002 sebagai Kepala Seksi Akuntansi Piutang. Kariernya terus merangkak hingga menduduki jabatan sebagai Sekretaris Perusahaan sejak 2016 hingga 2020. Setelahnya, dia dipercaya sebagai Sekretaris Perusahaan di Pupuk Indonesia (Persero), berlanjut menerima mandat tugas baru di PT Petrokimia Gresik sebagai Direktur Keuangan dan Umum pada Februari 2021. Kini, dia berlabuh kembali ke PKT, menjadi sosok karyawan PKT pertama yang menduduki jabatan sebagai Direktur Utama.

Dalam perjalanan kariernya, beberapa raihan prestasi pun sukses ditorehkan Soesilo. Tahun 2022d, ia meraih penghargaan sebagai Indonesia Best CFO dari SWA Media Group. Sementara tahun 2023 dia menerima Digitech Award untuk kategori The Best Chief Information Technology Officer of the Year.

Dengan latar belakang yang excellence di ranah human capital, pemasaran, manajemen risiko perusahaan dan keuangan, kehadiran Budi di PKT bisa menjadi suntikan semangat baru untuk perusahaan produsen urea terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini. Apalagi, sederet rencana besar menanti PKT, termasuk Projek Strategis Nasional yang dimandatkan pemerintah di pembangunan pabrik baru PKT di Fakfak, Papua Barat yang sudah memasuki proses persiapan.

“Pulang ke PKT itu seperti pulang ke rumah sendiri. Rumah yang sudah memberikan saya banyak pencapaian dan kebahagiaan. Dengan mandat dan tanggung jawab baru ini, saya yakin dukungan seluruh insan PKT bisa memudahkan dan melancarkan semua rencana-rencana baik untuk kemajuan perusahaan nantinya. Saya sadar, bukan hal mudah untuk bisa meneruskan raihan prestasi terbaik PKT di masa kepemimpinan Pak Rahmad Pribadi sebelumnya. Tapi pasti saya akan berupaya dengan kemampuan terbaik saya,” ujar Budi.

Sejumlah pekerjaan rumah yang penting dan strategis sudah menanti pemilik gelar MBA dari School of Business and Management ITB ini di PKT. Menarik pula menanti kiprahnya untuk tetap mempertahankan performa dan kinerja PKT tahun 2022 lalu. Tapi mendapatkan tugas dan tanggung jawab sebagai pucuk pimpinan PKT, tentu bukan tanpa alasan. Pasti Soesilo sudah memiliki strategi dan gaya kepemimpinan tersendiri untuk bisa melahirkan kinerja terbaik di PKT kelak.

“Saya selalu percaya bahwa setiap orang bisa berperan sebagai agen perubahan. Termasuk saya dengan tanggung jawab baru sebagai Direktur Utama PKT ini. Menjadi pimpinan perusahaan kelas global tapi di saat yang bersamaan juga jadi penyokong ketahanan pangan nasional bukan tugas yang mudah. Tapi kuncinya adalah terus belajar dan sustain dalam banyak hal,” ujarnya dalam siaran pers di Jakarta (08/09/2023).

Semua hal yang baik yang telah dicapai PKT akan ditingkatkan oleh Budi. Dan ke depan, dia berharap makin banyak lagi capaian positif yang bisa membawa PKT sebagai most trusted and world class company.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved