Technology Trends

Pemeriksa Fakta Memperluas Cakupan Literasi Digital untuk Anak Muda

Tangkapan layar : Dok LPI.

Pemeriksa fakta dari kalangan mahasiswa hingga profesional bergabung mendeklarasikan Literasi Pemuda Indonesia atau LPI. Komunitas LPI ini terbentuk karena kesadaran para pemeriksa fakta dan kekhawatiran terhadap kejahatan digital yang bisa menyasar siapa saja.

“Pemeriksa fakta yang mempunyai kecakapan literasi digital membentuk LPI dengan tujuan agar semakin banyak pemuda yang sadar literasi digital dan mau menjadi subjek literasi digital yang mencerahkan masyarakat” ujar Pendiri LPI Dedy Helsyanto pada seminar virtual (17/08/2023).

LPI ini, lanjut Dedy, memperluas edukasi dari para pemeriksa fakta, yang tadinya fokus terhadap kebenaran informasi atau perlawanan terhadap hoaks dan ujaran kebencian, kini masuk juga terhadap penanganan kejahatan digital lainnya. Ini merupakan pembaharuan yang ditawarkan LPI kepada para kaum muda yang ingin mengaktualisasikan dirinya dengan lengkap terkait literasi digital. “Semoga LPI ini menjadi wadah baru yang dapat menjawab kebutuhan pemuda untuk mengembangkan dirinya melalui literasi digital,” kata Dedy.

Sesuai dengan namanya, LPI menyasar targetnya yakni mereka yang berusia di bawah 40 tahun. Khususnya para pemuda yang masih pasif atau sekedar menjadi objek dari literasi digital, mereka yang masih terbatas aksesnya terhadap literasi digital dan mereka yang menjadi korban kejahatan digital. “Saat ini masih ada ketimpangan dimana pemuda justru hanya menjadi objek karena border struktural maupun kultural,” ketus Dedy.

Lebih jauh Dedy menjelaskan usai deklarasi, LPI akan memperluas gerakannya ke berbagai daerah kabupaten/kota hingga tingkat kampus. LPI akan berjejaring dengan beragam organisasi dan mengedukasi pemuda serta masyarakat terkait literasi digital. “LPI dan aktivitas literasi digital ini membutuhkan dukungan banyak pemuda dan masyarakat. Semakin banyak pemuda yang menjadi subjek literasi dan masyarakat yang tercerahkan dengan literasi, kemajuan melalui teknologi dan kreativitas akan semakin mudah dan cepat kita wujudkan,” tutur Dedy.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved