Automotive

Potensi Logistik Cold Chain Memantik Isuzu Menyodorkan Truk Refrigerator

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) atau Isuzu Indonesia memproyeksikan industri logistik rantai pendingin (cold chain logistic) ini terus menunjukan pertumbuhan yang baik semenjak pandemi Covid-19. Maka dari itu, permintaan untuk transportasi logistik untuk cold chain diprediksi meningkat seiring meningkatnya industri makanan dan minuman serta membaiknya perekonomian pasca pandemi. “Tentunya, Isuzu sebagai produsen kendaraan bermotor akan menyediakan produk dan layanan terbaik untuk customer, agar para pelaku usaha dapat menjalankan usahanya dengan lancar” ungkap Yusak Kristian Solaeman, President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di sela-sela diskusi bertajuk Automotive Commercial Discussion Club Cold Chain Industry Outlook di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), ICE, BSD, Tangerang pada Jumat (18/8/2023).

Agen pemegang merek (APM) kendaraan Isuzu di Indonesia ini mengundang dua pelaku usaha di bidang yang berbeda, yaitu Karoseri Delima Mandiri dan Sunpride. Ketiga perusahaan ini menakar potensi pertumbuhan bisnis logistik di Indonesia dan dampaknya terhadap minat konsumen terhadap kendaraan Isuzu di masa mendatang.

Yusak menuturkan spesifikasi kendaraan Isuzu memiliki desain kabin hexapod dan chasis yang fleksibel untuk dimodifikasi menjadi berbagai model kendaraan yang aplikatif, efektif dan efisien dari aspek performa mesin dan konsumsi bahan bakar. Layanan purna jual (after sales services) telah mengkreasikan beragam layanan andal kepada konsumen (customer service excellence). “Sebut saja Bengkel Isuzu Berjalan, Isuzu Contact Center hingga layanan digital seperti MyIsuzuID dan Isuzu Link yang mampu menjawab tantangan kebutuhan customer secara real time,” tutur Yusak.

Aplikasi MyIsuzuID mudah diakses di Google PlayStore dan AppStore. Jumlah rating aplikasi ini di PlayStore mencapai 4 dari skala rating 5 per 19 Agustus 2023. MyIsuzuID adalah aplikasi di piranti bergerak (mobile) yang terintegrasi langsung dengan sistem dealer Isuzu Indonesia. Fiturnya terus mendapatkan penyegaran sehingga kian memanjakan konsumen.

Pada Maret 2023, Isuzu Indonesia memutakhirkan fitur terbaru MyIsuzuID, yaitu booking service unit Isuzu. Tentunya dengan aplikasi mobile ini, lebih memudahkan pengguna Isuzu memesan layanan jasa perawatan (booking service) mobil. Ada 2 jenis booking service yang dapat dipesan pada aplikasi MyIsuzuID, yaitu untuk booking service di bengkel dan booking service Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) yang mendatang ke lokasi konsumen.

Untuk Isuzu Link, piranti digital ini berguna untuk memberikan informasi aktual mengenai kondisi aktual kendaraan kepada berbagai pihak, yaitu pelanggan, dealer dan APM. Kendaraan milik konsumen bisa bekerja secara optimal sekaligus efisien. Nah, pelayanan purna jual ini mempertebal optimism Isuzu Indonesia untuk mengepakkan sayap bisnisnya dengan menyodorkan beragam varian kendaraan yang bisa digunakan di sektor logistik cold chain.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor transportasi dan pergudangan pada 2022 tumbuh paling tinggi dari sisi produksi, hingga menembus 19,87%. Logistik merupakan salah satu bisnis yang mengalami pertumbuhan cukup tinggi dalam beberapa tahun terakhir.Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memprediksi bisnis logistik di Indonesia pada 2023 tumbuh sekitar 5% hingga 8%. Sedangkan Supply Chain Indonesia (SCI) memprediksi kontribusi sektor logistik (sektor transportasi dan pergudangan) terhadap produk domestik bruto (PDB), diproyeksikan menembus angka Rp 1.090,2 triliun pada 2023.

Cindyanto Kristian, CEO PT Sewu Segar Nusantara (Sunpride), mengatakan pengiriman buah segar tentunya harus didukung dengan kendaraan yang memiliki performa terbaik. Maka dari itu kendaraan Isuzu sangat berperan penting karena bisa bekerjasama dalam proses pengiriman buah ke distributor. “Kita harus bisa maju bersama-sama untuk menjadikan industri ini terus berkembang dengan baik,” ujar Cindyanto.

Pada kesempatan ini, Albertus Whitney, Executive Director Karoseri Delima Mandiri mengatakan cold chain merupakan bisnis masa lalu, masa kini dan masa depan. Harapannya antar pelaku industri termasuk karoseri bisa saling bersinergi, “Bisnis ini tidak akan pernah mati. Karoseri bagian kecil industri cold chain, namun kami berharap industri ini bisa berkembang menjadi lebih besar lagi di masa mendatang,” tutur Whitney.

Industri rantai pendingin, termasuk sektor makanan dan minuman, berpeluang tumbuh di Indonesia. Ekosistem pendukung seperti karoseri dan kendaraan niaga (komersial) menyodorkan aneka macam varian model untuk menyokong industri logistik rantai pendingin. Isuzu, Sunpride dan Delima Mandiri saling berkolaborasi dengan memamerkan Isuzu Traga Fruit Truck yang dipajang di booth 3F Isuzu pada GIIAS yang digelar pada 10-20 Agustus 2023 di ICE BSD Tangerang.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved