Business Update

Strategi HR Kawan Lama Group untuk Songsong Industri 5.0 Diganjar 3 Penghargaan

Oleh Editor

Kawan Lama Group (KLG) telah menempatkan HR sebagai bagian penting dari bisnis sejak didirikan pada tahun 1955. “Human centric and ever-learning organization for sustainable business” menjadi pondasi penting bagi perkembangan HR Kawan Lama Group hingga hari ini. Ada dua target yang ingin dicapai perusahaan pertama, memenangkan revolusi industri di era 4.0 dan 5.0. Kedua, beradaptasi dengan perubahan behaviour konsumen yang seiring dengan perubahan bisnis.

Untuk mencapai target tersebut, KLG menggunakan strategi talent acquisition, develop innovative leaders, dan HR digitization and system. Dari sisi Employer Branding and Talent Acquisition, perusahaan yang dipimpin oleh Kuncoro Wibowo tersebut berfocus pada internal dan external. Secara Internal, Kawan Lama Group selalu berusaha membangun ekosistem kerja kolaboratif, inovatif dan memperhatikan employee well being, sehingga bisa menciptakan kedekatan antar karyawan dan membangun happiness at work.

“Selain itu, untuk exsternal, kami membangun kemitraan, mengadakan event, menggelar internship, dan meng-improve media sosial kami demi memudahkan calon karyawan untuk bisa mengenal dan berproses di Kawan Lama Group,” kata Sandra Hardjana, HR Director Kawan Lama Group. Sementara, dari sisi talent acquisition, KLG menggunakan gamification dalam proses seleksi dan memanfaatkan digital agar calon karyawan bisa monitoring proses rekrutment mereka.

Tidak berhenti di situ saja, KLG juga mengoptimalkan Learning & Development and Knowledge Management agar karyawan memiliki daya saing kuat diantaranya menciptakan program peningkatan kompetensi untuk leader dari mulai level staf hingga direktur. “Kami menilai leadership berperan penting dalam kelangsungan bisnis sehingga kami merasa penting untuk melahirkan dan melatih calon-calon leaders yang kompetitif demi kelancaran successor di setiap lini bisnis,” ujarnya menambahkan.

Sandra menceritakan, untuk menunjang program tersebut, pihaknya juga membangun learning development program yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing untuk menghadapi tantangan kompetisi multisektor. Selain itu, mereka juga diikutsertakan dalam cross program yang bersebrangan dengan bidang mereka. Kemudian, menyadari pentingnya knowledge management, KLG juga membangun KLIP (Kawan Lama Innovation Program), yaitu program yang menampung seluruh masukan/ide dari karyawan. Ide-ide cemerlang yang masuk ke KLIP akan diproses dan ditindaklanjuti saksama.

“Kami terus melatih kerangka berpikir karyawan agar mampu melahirkan konsep-konsep brilian bagi kelangsungan bisnis. (Karena,) Perkembangan bisnis kami sangat bergantung pada inovasi seluruh karyawan,” ujarnya. Sandra menambahkan, dari sisi HR Digitization and People Analytics, pihaknya menerapkan digitization dan digitalization di berbagai aspek, misalnya saja sistem rekrutmen, sistem manajemen, termination system, compensation & benefits system, dan learning management system. Bahkan, KLG menciptakan mobile application untuk end-to-end apps yang membantu karyawan meningkatkan produktivitas.

Inovasi dan kerja keras yang dilakukan Kawan Lama Group selama bertahun-tahun membuahkan hasil dengan memborong tiga penghargaan sekaligus untuk kategori talent acquisition, develop innovative leaders, dan HR digitization and system dari HR Excellence Award 2023 oleh SWA Media Group dan Lembaga Management FEB UI.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved