Trends

Telkomsel Tingkatkan Engagement Penikmat Konten Video

Telkomsel menjawab kebutuhan pelanggannya untuk bisa menikmati layanan Youtube Premium dengan harga lebih terjangkau. Terlebih saat ini konten video merupakan kontributor tertinggi di Telkomsel dari penggunaan datanya.

Untuk itulah bersama YouTube, Telkomsel menghadirkan paket berlangganan Youtube Premium per bulan Rp 49 ribu (sudah termasuk pajak). Sebelumnya pelanggan harus merogoh kocek sampai Rp 74 ribu (termasuk pajak) untuk berlangganan Youtube Premium.

Namun, untuk berlangganan Youtube Premium, pelanggan Telkomsel harus mengaktifkannya melalui aplikasi MyTelkomsel. Setelah aktif berlangganan Youtube Premium, para pelanggan Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Halo (pascabayar) ini juga memberikan tambahan kuota data sebesar 2 GB.

Selain pengalaman layanan streaming konten video bebas iklan dan tanpa interupsi, paket YouTube Premium dari Telkomsel ini juga memberikan kemudahan akses ke sejumlah fitur-fitur eksklusif lainnya yang ditawarkan oleh YouTube Premium, seperti download video, background play, dan akses penuh untuk fitur YouTube Music, serta YouTube Kids.

Untuk diketahui, seperti disampaikan Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana, video adalah kontributor terbesar Telkomsel dalam penggunaan data pelanggan. “Youtube merupakan partner terbesar kami dengan 80 juta pelanggan Telkomsel yang mengaksesnya secara rutin. Hanya saja masih rendah pelanggan yang memanfaatkan Youtube Premium, cuma 80 ribu atau 0,1% saja. Artinya masih ada room to grow untuk membesarkan pengguna premium,” kata Nirwan,

Dia meyakini bahwa dengan meningkatnya penikmat konten Youtube dengan hadirnya paket berlangganan murah Youtube Premiun untuk pelanggan Telkomsel akan meningkatkan engagement. “Pengalaman kami engagement pengguna Youtube Premiun naik dari sebelumnya 2Gb menjadi 4Gb per bulan,” imbuhnya.

Maka itulah pada kolaborasi khusus dengan Youtube ini, pelanggan Telkomsel dikasih tanbahan kuota dan paketan termurah. Sayangnya, baik Telkomsel maupun Youtube tidak mau menyebut targetnya ke depan berapa penambahan pelanggan penikmat Youtube Premium dengan adanya paket berlangganan yang baru ini. Namun Telkomsel memastiman bahwa pelanghan akan menikmati harga berlanggan ini secara permanen atau bukan sekadar promo sesaat,

“Kami manjakan pelanggan dengan hadirnya paket ini karena payload pelanggan Telkomsel memang 80% di video, 60% ada di pengguna Youtube,” ujarnya.

Head of YouTube Content Partnership Indonesia Suwandi Widjaja tidak menjawab berapa pelanggan Youtube Premium di Indonesia. Dia hanya mengungkapkan bahwa secara global pengguna Youtube Premium pada akhir tahun lalu ada 80 juta. “Di Indonesia layanan Youtube Premium baru hadir di akhir 2019, kami berharap kerja sama pertama dengan bundling paket data ini akan dorong pertumbuhannya sangat signifikan,” elaknya,

Jadi dengan harga Rp 49 ribu, pelanggan mendapat masa berlaku selama 1 bulan, dan sudah termasuk tambahan Kuota Nonton sebesar 2 GB, di mana dapat digunakan pelanggan Telkomsel untuk mengakses YouTube, MAXstream, serta layanan platform streaming video lainnya yang bekerja sama dengan Telkomsel.

Mengutip data dari YouTube Impact Report 2022 menunjukkan bahwa 89% kreator setuju bahwa YouTube mendorong mereka untuk membuat konten yang beragam dan inklusif. Sejak 2019, YouTube Premium telah memberikan pengalaman menonton terbaik bagi pengguna super YouTube Indonesia yang bebas iklan, latar belakang, dan unduhan untuk akses offline di seluruh ekosistem YouTube.

Dengan berlangganan YouTube Premium, pelanggan Telkomsel dapat menonton jutaan konten video tanpa gangguan iklan sebelum dan selama video ditayangkan. Pelanggan Telkomsel juga tidak akan melihat iklan bannerpihak ketiga dan iklan penelusuran, bebas unduh konten video untuk dapat melakukan pemutaran video secara offline, serta pemutaran latar belakang video di ponsel perangkat sambil tetap mengakses aplikasi lain.

Paket YouTube Premium dari Telkomsel ini dapat digunakan untuk satu akun YouTube di 2 perangkat sekaligus. Bagi pelanggan Telkomsel yang sebelumnya sudah berlangganan Youtube Premium dengan harga Rp 74 ribu per bulan, harus menonaktifkan dahulu paket langganannya untuk bisa mendapatkan paket berlangganan yang baru ini.

Editor ; Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved