Marketing Trends

Griity Bantu UMKM Manfaatkan Digital Marketing

Jajaran Griity bersama Facebook. (dok. Griity)

Seiring dengan kemajuan teknologi, tren digitalmarketing saat ini pun terus berkembang. Dengan strategi yang tepat, digital marketing memungkinkan brand menjangkau pasar yang lebih luas dan mempromosikan produk atau jasa secara efektif. Namun, tidak semua brand memahami bagaimana memanfaatkan digital marketing secara efektif.

Salah satu agensi asal Jakarta, Griity, menyediakan layanan atau jasa digital marketing bagi para pelaku usaha. Didirikan oleh Jeril Mondoringin dan Sherly Mareta, Griity telah membantu puluhan brand, khususnya UMKM lokal, untuk dapat menjadi brand yang sustainable dan memiliki daya saing.

“Dulu kami pernah bekerja di salah satu agensi global ternama. Dengan pengalaman lebih dari delapan tahun menangani brand besar, akhirnya kami memutuskan untuk membangun digital marketing agency sendiri. Ini berkaitan dengan passion kami untuk bisa membantu brand lokal mendapatkan best class service agency dengan harga terjangkau,” ujar Jeril, CEO Griity.

Jeril menceritakan sejumlah strategi yang dia dan tim gunakan untuk bisa meningkatkan omzet brand, yaitu Build, Focus, dan Accelerate. Griity membangun fondasi data tracking dan analytics agar dapat memudahkan laporan harian dan analisis omzet marketplace. Selanjutnya, fokus pada satu hingga dua channel dan produk yang menghasilkan persentase omzet terbesar. Setelahnya, tim Griity akan memperluas marketing channel dengan menggunakan strategi konten viral untuk menarik pelanggan baru.

“Salah satu brand yang kami dampingi, yaitu Biotalk Skincare, telah menjadi studi kasus TikTok karena dalam jangka waktu kurang lebih dua tahun mengalami peningkatan omzet lebih dari 10 kali lipat. Kami menggunakan strategi growth marketing yang mengombinasikan iklan, content marketing, influencer affiliate, dan live streaming. Biotalk sekarang menjadi top selling sabun di TikTok Shop dan Shopee,” lanjut Jeril.

Hadir di Indonesia sejak 2021, Griity membantu beragam industri seperti fesyen, kecantikan, otomotif, FMCG, ibu dan anak, serta kesehatan. Adapun ragam jasa yang disediakan meliputi optimasi marketplace, live streaming, iklan media sosial, manajemen Influencer dan lainnya.

Jerilpun menambahkan beberapa trik yang dapat digunakan para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan bisnis. Pertama, aktivasi affiliate marketing. Ini merupakan salah satu kunci bagi brand untuk bisa meningkatkan awareness dan omzet, khususnya di TikTok Shop. Kedua, strategi collaborative ads. Meta Facebook Ads akan menjadi andalan utama untuk bisa menaikkan penjualan marketplace, khususnya Shopee.

“Tahun ini kami akan fokus membantu lebih banyak brand lokal untuk bisa berkembang menjadi brand besar yang sustainable. Teman-teman brand bisa mendapatkan brand audit secara gratis dari kami, lengkap dengan strategi ads dan marketplace-nya,” tutur Jeril.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved