Capital Market & Investment

Chandra Asri Gandeng BRI Sediakan Pembiayaan bagi Pelanggan Polimer Domestik

PT Chandra Asri Petrochemical (TPIA) Tbk, perusahaan petrokimia dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk menyediakan fasilitas pembiayaan bagi pelanggan polimer domestik Chandra Asri. Kolaborasi ini menjadi skema pembiayaan pertama yang dirancang khusus oleh BRI untuk industri petrokimia.

Polymer Sales Director Chandra Asri Raymond Budhin mengatakan, pemberian fasilitas pembiayaan dilakukan untuk meningkatkan volume transaksi wholesale. Juga, untuk mendukung fokus Indonesia dalam memperkuat hilirisasi industri dengan mengoptimalkan pengolahan bahan baku di dalam negeri.

Raymond berharap kerja sama ini dapat menunjang daya saing rantai nilai industri, mendorong stabilitas rantai pasok, dan memberikan nilai tambah pada produk petrokimia nasional. Chandra Asri menyambut baik kemitraan strategis dengan BRI untuk memperkenalkan program solusi keuangan ini, sehingga pelanggan Chandra Asri mendapatkan manfaatnya.

“Kolaborasi ini merupakan apresiasi bagi pelanggan yang telah memilih kandungan produk dalam negeri untuk mendukung bisnis mereka. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen perseroan untuk menjadi mitra pertumbuhan dengan secara efektif menjawab tantangan permintaan domestik dan mendukung industri hilir Indonesia secara berkelanjutan,” kata Raymond, Rabu (30/08/2023).

Raymond mengaku, untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan, Chandra Asri akan menilai secara cermat pelanggan korporat. Selanjutnya, Perseroan akan merekomendasikan pelanggan yang memenuhi kriteria kepada BRI untuk kemudian mendapat akses fasilitas pembiayaan tersebut. Lebih lanjut, fasilitas ini juga bisa didapatkan oleh konsumen yang membeli dari pelanggan langsung Chandra Asri.

Emiten petrokimia ini berkomitmen untuk menjadi mitra strategis bagi sektor hilir dengan terus mendukung ambisi Indonesia menjadi produsen petrokimia terbesar di Asia Tenggara. Signifikansi produk petrokimia, seperti polimer, terletak pada pemanfaatannya yang luas oleh industri hilir dalam produk kebutuhan sehari-hari, seperti pada kemasan, peralatan rumah tangga, komponen plastik otomotif, alat medis, dan sebagainya.

Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto mengatakan, kerja sama tersebut adalah bentuk pengembangan bisnis yang kuat antara kedua pihak. “Kerja sama ini mendorong BRI untuk memberikan layanan secara berkesinambungan dalam ekosistem bisnis Chandra Asri dari hulu ke hilir, sehingga dapat menciptakan nilai tambah di segmen menengah, ritel, hingga mikro,” katanya dalam keterangan yang sama.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved