Profil Profesional

Ini Country Manager dan Presiden Direktur Baru Master Card Indonesia

Aileen Goh, Country Manager and President Director, Indonesia, Mastercard (Foto: Dok. Master Card)

Mastercard menunjuk Aileen Goh sebagai Country Manager dan Presiden Direktur untuk Indonesia. Berkantor di Jakarta, Aileen akan memimpin seluruh kegiatan operasional Mastercard di Indonesia dan memimpin upaya perusahaan dalam mengembangkan infrastruktur pembayaran digital di Indonesia.

Mastercard berkomitmen mendukung Bank Indonesia (BI) dalam mewujudkan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, sekaligus visi BI untuk mewujudkan ekonomi modern tanpa uang tunai daninklusif. BI menargetkan untuk menyediakan akses ke layanan keuangan formal kepada 91,3 jutaindividu yang belum memiliki rekening bank dan lebih dari 62 juta pelaku usaha mikro, kecil, danmenengah.

Aileen bergabung dengan Mastercard sejak 2016 sebagai bagian dari tim Digital Payments. Dia memimpin upaya pengembangan dan adopsi standar pembayaran Quick Response (QR) EMV yang pertama di dunia di wilayah India dan Asia Tenggara. Pada 2019, dia ditunjuk sebagai Country Manager untuk Thailand dan Myanmar, di mana Aileen berperan penting dalam memperluas penggunaan debit dan mengakselerasi pertumbuhan penggunaan pembayaran QR dan nirsentuh (contactless).

Aileen juga berdedikasi dalam mendorong agenda besar keamanan siber di seluruh industri untuk memastikan pembayaran yang aman dan mudah bagi konsumen dan pelaku usaha di kedua negara tersebut.

Safdar Khan, Division President Southeast Asia Mastercard mengatakan, perekonomian digitalIndonesia tengah mengalami pertumbuhan yang pesat. Penunjukkan Aileen sebagai Country Managerdilakukan pada saat yang tepat, dengan pengalaman selama 15 tahun di bidang teknologi dan inovasipembayaran serta rekam jejaknya dalam mengakselerasi inovasi konsumen dan transformasi digital akanmembantu dalam mengembangkan bisnis Mastercard di Indonesia. Aileen juga akan bekerjaberdampingan dengan berbagai pemangku kepentingan, untuk mendorong upaya Mastercard dalammemperluas inklusi keuangan, mempromosikan pembangunan yang merata dan berkelanjutan.

Sebelum bergabung dengan Mastercard, Aileen bekerja di Singapore Telecommunications dan memimpinsejumlah program utama, termasuk peluncuran dompet digital perusahaan telekomunikasi tersebut. Diamerupakan anggota Nanyang Business School Alumni Advisory Board di Singapura, serta menjadibagian dari AMCHAM Thailand Board of Governors.

“Saya antusias untuk mengelola operasional Mastercard di Indonesia, negara denganperekonomian terbesar di Asia Tenggara dengan fokus mendalam pada digitalisasi dan inklusi keuangan.Mastercard berkomitmen untuk memperluas transformasi digital untuk seluruh masyarakat dan pelakuusaha di Indonesia,” ucap Aileen.

Penunjukan Aileen Goh dilakukan seiring dengan peralihan jabatan Navin Jain, dari Country Manager danPresiden Direktur Indonesia untuk memimpin strategi Retail & Commerce Mastercard di Asia Tenggara sebagai bagian dari ekspansi perusahaan ke segmen non-lembaga keuangan.

Navin telah bersama Mastercard selama lebih dari 16 tahun, termasuk 5 tahun di Indonesia. Sebelumnya dia menjabat sebagai Head of Market Development sebelum menjadi Country Manager pada tahun 2020. Selama kepemimpinannya di Indonesia, Navin memimpin berbagai proyek untuk meningkatkan inklusi keuangan dan digital. Ia mendukung kemitraan antara Mastercard dengan bank, perusahaan fintech, perusahaan internet economy, LSM, dan lembaga pemerintah untuk mendorong inovasi dalam solusi pembayaran, mempromosikan literasi keuangan digital, dan menjembatani kesenjangan inklusi keuangan di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved