Trends Economic Issues

Kerja Sama Strategis Sektor Kelistrikan Perusahaan Indonesia - Korea

Penandatanganan kerja sama Symphos Electric (Indonesia) dengan LS Electric Co., Ltd (Korea).

Sejumlah kerja sama penting telah dihasilkan dari Konferensi Tingkat Tinggi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (KTT ASEAN) ke-43. Kerja sama ASEAN dengan negara-negara maju juga menjadi momen bersejarah untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Kawasan Asia Tenggara.

Pada hari terakhir (07/09/2023) perhelatan KTT ASEAN juga diselenggarakan agenda penandatanganan kerja sama strategis antara Indonesia-Korea. Kerja sama ini diwakili oleh sejumlah perusahaan dari Indonesia dan Korea dalam rangkaian ‘Indonesia-Korea Business Rountable Business’. Salah satunya adalah penandatanganan kerja sama di sektor kelistrikan antara PT Symphos Electric (Indonesia) dengan LS Electric Co., Ltd (Korea).

Presiden Direktur PT Symphos Electric Forman Lee mengatakan bahwa kerja sama (merger) antara PT Symphos Electric dengan LS Electric akan membuka peluang pasar yang lebih luas lagi. Khususnya untuk pasar alat kelistrikan. “Jika selama ini market kami hanya di lokal (Indonesia), maka dengan merger ini kami berharap bisa mengembangkan produk lainnya, termasuk juga adanya transfer teknologi dari mereka,” ujar Forman di Jakarta.

Dengan merger ini pula, pihaknya menginginkan secara bisnis PT Symphos akan bisa bertumbuh, ekspansi, dan diversifikasi produk. “Kami ingin grow, bukan mereka hanya investasi saja. Tapi kami juga mau mengembangkan produk-produk ekspor. Itu tujuan kami,” jelas Forman.

Saat ini kerja sama antara kedua perusahaan besar ini berfokus pada produk trafo oil. Trafo oil adalah bagian penting dalam sistem tenaga untuk konversi level tegangan dan menjaga aliran daya dalam sistem tenaga listrik.

Dikatakan juga bahwa kerja sama kedua perusahaan ini diharapkan akan saling melengkapi. PT Symphos Electric akan menyediakan produk yang saat ini belum dimiliki LS Electric. Sementara LS Electric akan menyediakan saluran dan pasar baru. LS Electric dan PT Symphos Electric sendiri berkeyakinan kerja sama ini nantinya akan mencapai kesuksesan besar di pasar Indonesia dan sekitarnya.

President, Chief Operating Officer Global LS Electric Co., Ltd Jong Woo Kim mengungkapkan bahwa pihaknya memang mencari mitra bisnis untuk menerapkan strategi pemasaran khususnya di pasar listrik Asia Timur. “Kami sudah dua tahun melakukan penjajakan dengan PT Symphos Electric,” kata Jong Woo Kim di Jakarta.

Lebih jauh, ia juga mengatakan bahwa target dari kerja sama ini adalah diversifikasi pasar. “Sejauh ini PT Symphos Electric lebih banyak fokus pada pasar PLN. Sungguh, PLN adalah salah satu pelanggan terpenting kami di Indonesia. Dan kami akan menjaga kemampuan manufaktur untuk memenuhi kebutuhan PLN,” ujarnya.

Selain diversifikasi pasar, LS Electric, kata Jong Woo Kim, ekspansi global menjadi target selanjutnya. “Secara sederhana kami berharap kepada pasar baru di luar Indonesia setelah mencatat keberhasilan di pasar dalam negeri,” ucap Jong Woo Kim.

LS Electric sendiri dikenal sebagai pemain global yang dikenal sebagai perusahaan manufaktur yang memproduksi dan memasok perangkat dan peralatan listrik; mulai dari transmisi tenaga listrik hingga distribusi di jaringan listrik dan industri.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved