Property

Autograph Tower Raih Rekor Gedung Tertinggi di Indonesia

Autograph Tower diganjar rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai gedung tertinggi di Indonesia. Gedung perkantoran dan hotel yang dikembangkan oleh Galeon Group dalam kawasan Thamrin Nine ini berdiri setinggi 385 meter, 13 kali lipat lebih tinggi dari Monumen Nasional (Monas).

Sebelumnya, dalam kawasan yang sama pengembang Galeon Group juga berhasil membangun Luminary Tower setinggi 305 meter. Dengan begitu, Luminary Tower menjadi gedung tertinggi kedua di Indonesia, setelah Autograph Tower.

Presiden Direktur PT Putragaya Wahana (Galeon Group) Alvin Gozali mengungkapkan, baik Autograph maupun Luminary Tower merupakan gedung supertall pertama di Indonesia, yang diklasifikasikan sebagai gedung dengan tinggi lebih dari 300 meter. Terbaru, Autograph Tower akan menyambut dek observasi modern dan sky garden milik swasta pertama di Indonesia.

“Saya berharap Thamrin Nine menjadi landmark baru di Indonesia dan menjadi tujuan wisata lokal dan internasional di Jakarta. Penghargaan MURI ini akan mengukuhkan Autograph Tower di mata masyarakat dan meningkatkan status Indonesia di tingkat dunia,” katanya dalam rilis resmi, dikutip di Jakarta (11/09/2023).

Head of Marketing Galeon Group Anggun Melati, menjelaskan Thamrin Nine hadir guna mendukung pemerintah dalam meningkatkan sistem transportasi perkotaan dan fasilitas umum di Jakarta. Saat ini, Thamrin Nine tengah membangun koneksi bawah tanah ke Stasiun MRT Dukuh Atas, yang nantinya akan meningkatkan infrastruktur dan konektivitas MRT Jakarta.

“Memahami pentingnya transportasi umum untuk mengurangi kemacetan dan meningkatkan aksesibilitas. Nantinya Thamrin Nine akan terhubung ke semua moda transportasi umum, termasuk MRT, LRT, Commuter Line, dan Kereta Bandara. Idenya adalah untuk menjadi sebuah distrik, di mana masyarakat setempat dapat bekerja, tinggal dan bermain dengan nyaman, yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka,” katanya.

Menurut dia, dalam rangkaian perayaan MURI ini, Thamrin Nine berkolaborasi dengan IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) untuk menggelar event 9Fest x JAF (Jakarta Architecture Festival), hingga 30 September 2023. Festival ini dibuka dengan Temu Komunitas, Lokakarya & Kompetisi Fotografi, dan malam perayaan Galeon Gala.

Menurut dia, festival ini akan terdiri dari beragam rangkaian kegiatan seperti conference, diskusi, eksibisi, instalasi publik, pemutaran film kebudayaan, program penjelajahan kota, gathering, serta perlombaan sketsa beragam bangunan warisan Jakarta. Berbagai pembicara nasional maupun internasional akan turut menyampaikan pandangannya akan beragam isu di Jakarta pada festival ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved