Trends

Inilah Ajang Kumpul Startup Teknologi dan Investor

(Kiri-Kanan): Rudiantara, Chairman Nexticorn Foundation, Italo Gani, Managing Partner of Impactto dan I Nyoman Adhiarna, Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

HUB.ID Summit X Nexticorn 2023, konferensi internasional hasil kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Nexticorn Foundation, secara resmi dibuka di Nusa Dua Bali, 15-16 September 2023, dengan tema “Recalibrating the Industry: Indonesia’s Tech Investment Moving Forward”. Kolaborasi yang dihadiri tidak kurang dari 130 startup teknologi Indonesia dan 130 investor dari seluruh dunia ini diharapkan dapat menciptakan sinergi antara sektor publik dan swasta dalam mendukung ekosistem startup Indonesia.

HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 membahas kalibrasi ulang strategi industri teknologi, Artificial Intelligence (AI), dan Teknologi Masa Depan melalui sesi diskusi panel yang didukung oleh Privy sebagai official signing partner, Victoria State Government Australia, Google, CloudMile, TVM Capital Healthcare, Living Lab Ventures, GOTO, Everywhere.id, dan AMVESINDO, serta menghubungkan startup Indonesia early stage hingga late stage dengan investor global melalui sesi business matchmaking.

I Nyoman Adhiarna, Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, menyatakan, lanskap startup teknologi di Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menarik. Indonesia telah memiliki ratusan startup dari berbagai macam sektor, e-commerce, fintech, edtech, healthtech, dan agritech. Selain itu, ada juga startup yang bergerak di bidang transportasi, perjalanan, kesehatan, logistik, Software as a Service (SaaS), dan lain-lain.

“Kominfo terus mendukung startup agar dapat berkembang dan mendapatkan akses pendanaan, salah satunya melalui HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 ini. Lebih dari 1500 business meeting terjadwal selama 2 hari pelaksanaan kegiatan ini. Hal ini menunjukkan tren positif potensi investasi bagi startup digital di Indonesia.”

HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 menurut Rudiantara, Chairman Nexticorn Foundation bukan hanya berperan sebagai konferensi, namun menjadi jembatan strategis dalam membina dan mendorong kemajuan startup teknologi Indonesia, melalui fasilitasi networking startup teknologi dan calon investor yang harus tetap berjalan agar sektor ini dapat tumbuh dengan optimal. “Melalui forum diskusi yang diadakan, Summit ini bertujuan untuk menghadirkan solusi untuk isu yang sedang dihadapi oleh sektor startups dan sektor modal ventura di Indonesia,” ujar Rudiantara.

Rudiantara menambahkan, Nexticorn berkomitmen untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan di sektor teknologi dan investasi di Indonesia dan Asia Tenggara. “Kehadiran acara networking seperti HUB.ID Summit x Nexticorn 2023 ini sangat penting untuk memajukan lanskap teknologi Asia Tenggara yang berkembang pesat, terutama mengingat momentum yang dihasilkan oleh peluncuran perundingan Digital Economic Framework Agreement (DEFA) pada pertemuan Dewan Komunitas Ekonomi ASEAN baru-baru ini,” kata Rudiantara.

HUB.ID Summit x Nexticorn 2023 tahun ini diharapkan dapat mengakselerasi dukungan investasi bagi startup Indonesia dengan cara memberikan akses langsung ke investor global yang sesuai dengan profil dan kebutuhan startup Indonesia, baik yang berada di tahap awal maupun pertumbuhan. Summit ini juga bertujuan untuk memberikan informasi terkini tentang perkembangan dan peluang di ekosistem startup Indonesia, serta menginspirasi para pelaku industri untuk beradaptasi dan berinovasi di era digital dalam rangka menavigasi fenomena tech winter serta berbagai tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat lanskap teknologi yang terus berubah,


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved