Capital Market & Investment

Bursa Tiga Negara ASEAN Sepakat Jajaki Pembentukan Ekosistem ESG

Bursa tiga negara ASEAN yakni Bursa Malaysia, Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Stock Exchange of Thailand (SET) menandatangani MoU untuk menjajaki pembentukan ekosistem terkait Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) antar kawasan. Ini untuk mendorong penciptaan nilai bisnis sekaligus mendorong pembangunan berkelanjutan di seluruh ASEAN.

MoU ini menandai tonggak penting dalam meningkatkan kerja sama regional dan memajukan keberlanjutan di ASEAN. Hal ini juga menandakan komitmen untuk menghijaukan rantai pasokan, sekaligus pengakuan atas potensi untuk mengoptimalkan keterhubungan dan komparabilitas data ESG di kawasan ini.

Dengan menggabungkan keahlian dan sumber daya, Bursa Malaysia, BEI, dan SET bertujuan untuk secara kolaboratif memacu penerapan praktik-praktik ESG yang baik, serta mendorong pertumbuhan yang bertanggung jawab di pasar masing-masing. Lewat MoU tersebut juga menawarkan peluang lintas batas terkait investasi ESG di ketiga pasar tersebut.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesamaan dalam ekosistem ESG ASEAN untuk memfasilitasi perdagangan lintas batas, memperluas peluang bisnis, serta memajukan pembiayaan berkelanjutan bagi perusahaan-perusahaan dari berbagai ukuran dan rantai pasokan mereka di kawasan.

Datuk Muhamad Umar Swift selaku CEO Bursa Malaysia mengaku senang telah meresmikan kerja sama tersebut dengan SET dan BEI. Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama lintas batas dan memanfaatkan peluang untuk menyelaraskan langkah-langkah ESG dan infrastruktur ESG yang mendorong praktik bisnis berkelanjutan di ASEAN.

“MoU ini menjadi landasan bagi kolaborasi serupa dengan bursa-bursa lain yang berkepentingan di Asia. MoU ini juga dapat menjadi landasan yang kuat untuk melibatkan mitra-mitra dari negara-negara utara,” katanya dalam keterangan resmi BEI, Rabu (20/09/2023).

Iman Rachman dari BEI menyatakan antusiasmenya terhadap kemitraan ini. Menurut Iman, MoU ini mencerminkan visi bersama untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi pasar modal. Kami percaya bahwa kolaborasi adalah kunci dalam mendorong perubahan positif di kawasan ini.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Bursa Malaysia dan SET dalam mengembangkan solusi inovatif yang bermanfaat bagi para pemangku kepentingan, dan berkontribusi pada pengembangan perusahaan yang tangguh dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Pakorn Peetathawatchai mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mempromosikan praktik ESG di pasar modal Thailand. Kolaborasi dengan Bursa Malaysia dan BEI memungkinkannya untuk bersama-sama menciptakan ekosistem ESG yang saling terhubung.

“MoU ini mendukung integrasi pasar ASEAN sebagai asset-class untuk menarik investor internasional, memberikan peluang untuk berbagi pengetahuan, serta memungkinkan untuk memanfaatkan kekuatan satu sama lain demi menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan bagi pasar kita,” ujarnya.

Sebagai bagian dari ruang lingkup kolaborasi yang dituangkan dalam MoU, ketiga Bursa akan menjajaki berbagai inisiatif, termasuk namun tidak terbatas pada mengidentifikasi komponen-komponen penting infrastruktur ESG untuk mendukung perusahaan dalam mengupayakan dekarbonisasi dan keberlanjutan di seluruh rantai pasokan mereka.

Kedua membangun lingkungan “sandbox” yang dirancang untuk memfasilitasi perdagangan dan menciptakan peluang bisnis baru bagi perusahaan dan rantai pasokan mereka, termasuk usaha kecil dan menengah. Ketiga Memanfaatkan keahlian dalam praktik ESG melalui lokakarya, sesi pelatihan, dan program berbagi pengetahuan untuk mendukung peningkatan ekosistem ESG.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved