Marketing Trends

PLN Dorong Masyarakat Belanja Produk Lokal

Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali digelar secara hybrid baik offline. Acara ini digelar mulai 21-24 September 2023 di Sarinah Mall, Jakarta. Sementara itu, Bazar UMKM secara online digelar melalui aplikasi PaDi (Pasar Digital) UMKM.

Sebanyak 270 pelaku UMKM ikut serta dalam pagelaran Bazar tersebut. Dari jumlah tersebut, 140 UMKM di antaranya merupakan mitra binaan PT PLN (Persero). Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, menjelaskan, Bazar UMKM untuk Indonesia secara konsisten telah dilakukan setiap bulannya.Untuk edisi kali ini penyelenggaraan Bazar dilakukan melalui kolaborasi dengan PLN dan Perum Peruri.

“Jadi kita sudah secara konsisten menyelenggarakannya setiap bulan.Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada dua BUMN yaitu PLN dan Peruri,” kata Loto.

Ketua Persatuan Istri Karyawan dan Karyawati (PIKK) PLN, Diny Darmawan Prasodjo mengatakan pihaknya mengambil bagian dalam memeriahkan Bazar UMKM untuk Indonesia yang mengusung tema ‘Gembira Bersama Produk Indonesia’.

Menurut Diny, ini menjadi bukti komitmen PLN dan PIKK PLN mendukung program Kementerian BUMN dalam pemberdayaan UMKM sebagai bagian dari fondasi perekonomian Indonesia. “Kehadiran kami di sini menunjukkan bahwa PLN mendukung pemberdayaan UMKM sebagai bagian dari upaya meningkatkan ekonomi bangsa,” ujar Diny. “Melalui penyelenggaraan Bazar UMKM untuk Indonesia ini, PLN dan PIKK PLN siap memberikan dukungan bagi masyarakat dan pelaku UMKM lokal untuk bisa mandiri secara ekonomi,” sambungnya.

Direktur Keuangan sekaligus Ketua Srikandi PLN, Sinthya Roesly menjelaskan bahwa ari 270 UMKM, 77 persen peserta yang mengikuti adalah UMKM perempuan. Sehingga program ini juga menjadi wujud nyata perseroan mendukung pemberdayaan kaum perempuan. “Jadi, selain kita mendorong UMKM, ada tambahan lagi di sini yaitu pemberdayaan kaum perempuan dan juga difabel,” ucap Sinthya.

Selain menampilkan produk lokal, kegiatan bazar akan diisi oleh berbagai kegiatan menarik. “Karena PLN sesuai dengan amanahnya juga untuk kemaslahatan hajat hidup orang banyak, dan UMKM menjadi bagian yang cukup penting. Jadi, 4 hari akan berguna bagi kita semua, baik bagi UMKMnya sendiri, baik bagi perekonomian dan juga tentu saja bagi keberadaan PLN di tengah masyarakat,” ujar Sinthya dalam keterangan resmi, Sabtu (23/09/2023).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved