Property

Bayar utang Ke Bank Danamon, APLN Jual Neo Soho Mall,

Foto : Agung Podomoro.

PT Tiara Metropolitan Indah (TMI), anak usaha PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), menjual pusat perbelanjaan Neo Soho Mall di Jakarta kepada PT NSM Assets Indonesia (NSMAI) seharga Rp 1,44 triliun. Justini Omas, Sekretaris Perusahaan APLN, menyampaikan transaksi penjualan Neo Soho Mall ini merupakan bagian strategi jangka panjang perusahaan untuk memperkuat bisnis.

Dana yang diterima TMI dari NSMAI atas pelaksanaan transaksi tersebut, akan digunakan sebagiannya oleh TMI untuk melakukan penyertaan saham baru (saham seri B) dalam NSMAI yang akan mewakili 28,58% dari seluruh modal yang telah diterbitkan dan disetor penuh dalam NSMAI.

Dengan demikian, NSMAI akan dimiliki oleh NSM Asset Japan LLC (NSMAJ) dan TMI dengan kepemilikan saham masing-masing sebesar 71,42% dan 28,58%. NSMAJ dimiliki secara langsung oleh Hankyu Hanshin Properties Corporation (HHP) Jepang, yang sebelumnya telah membangun kemitraan strategis dengan APLN melalui transaksi penjualan Central Park Mall pada tahun 2022. “Sebagian dana hasil penjualan Neo Soho Mall dipakai untuk investasi kepemilikan 28,58% saham di NSMAI, sisanya, sekitar Rp 850 miliar, seluruhnya digunakan untuk melunasi sebagian pinjaman APLN kepada Bank Danamon,” jelas Justini melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Selain meningkatkan kemitraan strategis dengan HHP, yang merupakan perusahaan serta investor properti kelas dunia, penjualan Neo Soho Mall memungkinkan APLN untuk membayar sebagian utang bank.Harga saham APLN pada penutupan perdagangan hari ini menjadi Rp 149, naik sebesar 4,20% dari Rp 143 di perdagangan sebelumnya


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved