Marketing Trends

Ideafest Ingin Bawa Industri Kreatif RI Go Global

Ideafest
Ideafest 2023 menghadirkan lebih dari 280 pelaku kreatif dalam 120 sesi. (Vina/SWA)

Festival tahunan Ideafest kembali hadir untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. Mengusung tema ‘Lead the Leap!’, gelaran ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pelaku kreatif untuk dapat saling berbagi, berdiskusi, dan berkolaborasi sehingga berdampak bagi ekonomi kreatif Indonesia dalam jangka panjang.

Ben Soebiakto, Co-founder Ideafest memaparkan bahwa Ideafest telah menjadi festival yang menghubungkan dan memberdayakan komunitas kreatif untuk berkembang selama 12 tahun berturut-turut. Menurutnya, tema ini menjadi suara baru dari Ideafest dalam mengajak seluruh masyarakat agar berani mengambil lompatan untuk memimpin di tengah isu yang dihadapi oleh industri kreatif saat ini.

Harapannya, Ideafest 2023 dapat membentuk dan melahirkan pemimpin yang berani, memiliki visi, memberdayakan sekitar, bertransformasi, mengevaluasi, dan menciptakan inovasi.

“Dengan IdeaFest, kita punya spirit agar saatnya melompat dan memimpin lompatan itu. Kita tidak boleh sekadar follow atau create produk, tapi harus jadi leader dan berani memimpin perubahan agar industri kreatif Indonesia bisa terus tumbuh dan goes global,” ujar Ben dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (29/09/2023).

Senada dengan Ben, Creative Director Ideafest David Irianto menyampaikan bahwa tema ‘Lead the Leap!’ menjadi ajakan untuk generasi muda yang saat ini mulai mendominasi dunia kerja agar memiliki kapabilitas kepemimpinan dan berkarya dengan ide kreatif.

“Generasi muda perlu didorong untuk mengambil lompatan-lompatan itu. Harapannya dengan Ideafest ini dapat mengembalikan semangat mereka untuk berjuang, menjadi pemimpin, dan berani melompat bahkan ke sektor-sektor yang mungkin tidak dipahami sebelumnya,” ujar David.

Ideafest 2023 bekerja sama dengan lebih dari 280 pelaku kreatif dalam 120 sesi yang terdiri dari IdeaFest Conference, Idea Talks, NexSpace, Art Market, dan Youth Summit pada 29 September 2023 hingga 1 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta.

Sesi Youth Summit akan menghadirkan narasumber tiga Bakal Calon Presiden yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto yang diharapkan dapat meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap masa depan Indonesia lewat memahami kepemimpinan yang tepat.

Selain itu, IdeaFest 2023 juga mempersembahkan Idea Creative Workshop, sebuah ruang dinamis di mana kreativitas berkembang melalui workshop interaktif. Program ini dirancang untuk memberdayakan individu untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan keterampilan kreatif mereka, untuk memaksimalkan potensi dalam diri mereka.

Adapula Creative Market hasil kolaborasi dengan Semasa, sebuah bazar yang menghadirkan lebih dari 150 creative brands, mulai dari art & craft hingga food & beverage. Pengunjung juga dapat menikmati beragam diskusi menarik dalam IdeaTalks bersama Arifin Putra, David Irianto, Najwa Shihab, Afgan, Laksmi De Neefe Suardana, Ira Lesmana, Lalitia Apsari, Sherina Munaf, Maudy Ayunda, Riri Riza, Sri Paduka Mangkoenagoro X, Nadia Alaydrus, dan masih banyak lagi.

Ben pun mengatakan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan format baru dari Ideafest agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Harapannya dalam 1-2 tahun ke depan, format baru hasil kolaborasi dengan para pelaku kreatif tersebut dapat ditunjukkan tidak hanya di Indonesia, tetapi di kancah internasional.

“Sebuah PR (pekerjaan rumah) bagi kami, harus berpikir apa jalan yang akan kami siapkan ke depannya. Karena ribuan talenta kreatif yang telah kami undang, mereka kini sudah menjadi pemimpin di masing-masing marketnya. Makanya kami juga punya misi agar Ideafest bisa melompat dan memimpin lompatan ini, terbang bersama-sama keliling Asia menunjukkan potensi kreatif Indonesia,” tutur Ben.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved