Automotive

Mobil Suzuki Tipe Ini Jadi Primadona di GIIAS 2023 Surabaya

Suzuki Indonesia menutup keikutsertaannya dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2023 dengan penjualan melebihi target. Dalam 5 hari penjualan, Suzuki berhasil mencatat 584 unit Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) melampaui target awal yang sebesar 300 unit. Varian hybrid mendominasi sebesar 45% total penjualan.

Randy Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan bahwa catatan penjualan khususnya unit hybrid membuktikan baiknya pemahaman pasar Surabaya dan Jawa Timur akan keunggulan kendaraan ramah lingkungan. “Potensi pasar Surabaya dan Jawa Timur secara keseluruhan masih sangat besar. Dalam hal dukungan pada agenda keberlanjutan Indonesia, Surabaya sudah siap, terbukti dari tingginya permintaan masyarakat akan kendaraan ramah lingkungan pada GIIAS Surabaya 2023,”tutur Randy.

Pada ajang pameran GIIAS The Series 2023 di Surabaya, salah satu produk yang paling mencuri perhatian pengunjung adalah New XL7 Hybrid. Suzuki menyiapkan New XL7 Hybrid berwarna New Savanna Ivory 2 – Black untuk display di booth dan unit test drive selama 5 hari. Meskipun baru diluncurkan di Indonesia selama 4 bulan, unit ini justru menjadi primadona Suzuki dengan capaian penjualan tertinggi sebesar 32% dari total penjualan. Model lainnya yang menduduki posisi kedua adalah All New Ertiga sebanyak 29%, dan disusul dengan New Carry sebesar 26%.

Secara keseluruhan, penerimaan pasar Surabaya dan Jawa Timur terhadap produk Suzuki terbilang tinggi. Wilayah ini berhasil menduduki peringkat kedua untuk kota dan provinsi dengan penjualan terbesar setelah Jabodetabek. Pada semester 1 tahun 2023 saja, kedudukan Surabaya dan Jawa Timur mengambil bagian penjualan sebesar 11%. Menelaah segmentasi konsumen Suzuki di Surabaya dan Jawa Timur, kendaraan Suzuki mendominasi segmen pelaku bisnis, keluarga muda, dan profesional muda. Segmentasi ini mendorong performa penjualan 5 unit kendaraan tertinggi di Jawa Timur yaitu New Carry, All New Ertiga (GX Hybrid AT dan GX Hybrid MT), New XL7 Hybrid (Alpha dan Beta), APV, dan Baleno.

Mengingat posisi Jawa Timur sebagai salah satu wilayah dengan pasar terbesar, Suzuki akan terus berupaya memberikan pelayanan yang memuaskan dan program yang menguntungkan bagi konsumen. Suzuki yakin kehadiran teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki pada kendaraan penumpang akan semakin mendukung penggunaan kendaraan dalam aktivitas sehari-hari konsumen. “Keikutsertaan Suzuki pada GIIAS Surabaya 2023 menjadi wadah penting untuk memperkuat penetrasi kendaraan hybrid di wilayah Jawa Timur,” tutur Randy.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved