Technology Trends

Kolaborasi BitHealth dan InterSystems Bantu Manajemen Data Rumah Sakit

Penandatanganan MoU antara BitHealth dan InterSystems, (18/10). (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

BitHealth, penyedia solusi digital layanan kesehatan mengumumkan kerja sama dengan InterSystems untuk meningkatkan integrasi manajemen data rumah sakit. Kerja sama ini diresmikan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Peter James Rampengan, Chief Sales and Marketing BitHealth dan Luciano Brustia, Regional Managing Director APAC InterSystems.

Saat ini layanan kesehatan terutama mayoritas rumah sakit masih mengalami kendala integrasi data dan informasi yang dilakukan secara manual sehingga kemungkinan besar bisa mengalami human error. Beberapa rumah sakit juga akhirnya harus memiliki berbagai sistem aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan berbagai sisi operasi bisnis rumah sakit namun berjalan secara independen mengakibatkan berbagai standar bahasa dan data bahkan data tersebar dimana-mana walau masih dalam satu lingkungan rumah sakit.

Efek dari tidak terintegrasinya data adalah laporan dan informasi sulit digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen eksekutif rumah sakit atau dokter karena akan memakan waktu yang terlalu lama. Hal ini juga berarti tanpa data yang tepat, benar dan standar, akan sulit untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Sejak berdirinya tahun 2019, BitHealth memiliki misi memberdayakan perusahaan layanan kesehatan untuk mengoptimalkan bisnis dan operasi dengan memasukkan solusi teknologi ke dalam layanan. Dengan komitmen untuk mendukung percepatan digitalisasi dari industri kesehatan di Indonesia, saat ini BitHealth telah memiliki lebih dari 20 projek, didukung oleh lebih dari 100 engineers, dan lebih dari 15 konsultan ahli.

Kemitraan dengan InterSystems adalah langkah strategis bertujuan untuk meningkatkan kualitas perawatan pasien, menyederhanakan operasional rumah sakit melalui digitalisasi, integrasi dan interoperability data, dan meningkatkan keseluruhan kualitas pelayanan kesehatan. Ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam evolusi teknologi kesehatan.

InterSystems adalah penyedia teknologi data yang kreatif, berkomitmen untuk membantu pelanggan menyelesaikan masalah-masalah terkait skalabilitas, interoperabilitas, dan kecepatan yang paling krusial. Dalam perjanjian kemitraan ini, InterSystems menonjolkan platform data InterSystems IRIS for Health – Edisi Indonesia.

Dengan menggabungkan teknologi ini dengan portofolio solusi analitik kesehatan dan layanan BitHealth, rumah sakit akan dapat memperoleh pandangan holistik tentang operasional mereka, dan klien akan dapat menghemat waktu dalam pengambilan keputusan dan mencapai manfaat lainnya lebih cepat dibandingkan dengan pendekatan alternatif. Selain itu, InterSystems IRIS for Health juga memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk memetakan, mentransformasi, dan membersihkan data klinis mereka sehingga dapat diarahkan secara aman ke platform data kesehatan nasional SatuSehat pemerintah.

“Sejak awal BitHealth diposisikan sebagai penyedia solusi layanan kesehatan digital di Indonesia yang berspesialisasi dalam teknologi layanan kesehatan digital, dan hadir untuk merangkul perusahaan layanan kesehatan untuk meningkatkan layanan melalui transformasi digital layanan kesehatan. Strategic partnership ini ditujukan untuk menggabungkan keahlian solusi digital layanan kesehatan dengan kemampuan pengembangan perangkat lunak milik InterSystems sehingga menciptakan solusi pengelolaan data. Semua guna memberdayakan penyedia layanan kesehatan berujung pada meningkatnya kualitas perawatan pasien,” ujar Peter.

“InterSystems sangat antusias bermitra dengan BitHealth di Indonesia yang telah membuktikan pemahaman mendalam tentang pasar sistem kesehatan. Kemitraan strategis ini memungkinkan InterSystems untuk lebih cepat memperluas pasar InterSystems IRIS for Health dan mendukung percepatan transformasi digital industri kesehatan di Indonesia,” kata Luciano.

Saat ini BitHealth menawarkan berbagai solusi digital bagi rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, yang dapat dikembangkan dalam fitur fitur sesuai dengan kebutuhan klien. Beberapa fitur yang menghadirkan digital experience seperti EMR Implementation, Human Capital Management System, AI Powered Document Management System, AI Powered Claim Management Systems, Mobile Apps for Patient Experience, dan Mobile Apps for Doctor & Nurse Management).

BitHealth juga menyediakan solusi healthcare analytics yang dihasilkan dari manajemen data, cloud, dan AI seperti Pharmacy Inventory Analytics, Clinical Decision Support Systems, Data Warehouse, Hospital Performance Analytics, dan Data Analytics & Visualization.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved