Trends

Tiga Bandara AP1 Raih Penghargaan Bandara Terbaik INACA

3 Bandara yang Dikelola PT Angkasa Pura 1 Meraih Penghargaan sebagai Bandara Terbaik dari INACA

Tiga bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (AP1) berhasil meraih penghargaan Bandara Terbaik Versi CSI 2023 dari asosiasi perusahaan penerbangan nasional Indonesia National Air Carriers Association (INACA) dalam kegiatan INACA Festival 2023 untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) INACA ke-53. Tiga bandara tersebut adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru.

“Penghargaan yang berhasil diraih oleh tiga bandara AP1 tersebut merupakan wujud apresiasi dari stakeholder dalam hal ini adalah INACA, terhadap standar pelayanan di bandara. Dengan trafik di bandara AP1 yang semakin mendekati kondisi sebelum pandemi, AP1 berupaya untuk menepati komitmen pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara, serta termasuk di dalamnya para stakeholder terkait,” ungkap Direktur Operasi AP1 MMA Indah Preastuty.

Penghargaan tersebut menurut Indah merupakan apresiasi terhadap kinerja pelayanan bandara yang diukur melalui indeks kepuasan pelanggan, Customer Satisfaction Index (CSI). Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berhasil meraih skor CSI sebesar 4,93, Bandara SAMS Sepinggan dengan skor CSI 4,90, serta Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru dengan skor CSI 4,84 dari skala 1-5.

Pengukuran CSI oleh INACA di bandara yang dikelola AP1 dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Dalam pengukuran CSI 2023, skor CSI 15 bandara dibawah pengelolaan AP1 rata-rata mencapai 4,75 dari skala 1-5. Skor rata-rata ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan skor di tahun 2022 yang tercatat 4,70, serta di tahun 2021 yang mencapai 4,67.

Skor CSI tersebut merupakan hasil dari kegiatan pengukuran yang dilaksanakan dengan metodologi penyebaran kuesioner kepada penumpang, pihak maskapai penerbangan, serta mitra usaha di bandara. Selain untuk mengukur indeks kepuasan pelanggan, hal tersebut juga ditujukan untuk menjaring informasi terkait feedback dan keluhan dari pengguna jasa, serta sebagai dasar dalam perbaikan dan peningkatan standar pelayanan di bandara kepada pengguna jasa, stakeholder, serta mitra usaha. “Bagi AP1, skor CSI bukan hanya sekadar angka, melainkan sebagai indikator atas kepuasan pelanggan, serta menjadi salah satu faktor penting bagi AP1 untuk menentukan prioritas dalam upaya peningkatan standar pelayanan,” ujar Indah.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved