Financial Report Capital Market & Investment

Metland Bukukan Kenaikan Laba Rp301 Miliar

Memasuki semester dua tahun 2023, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) pada kuartal tiga tahun 2023 membukukan laba bersih sebesar Rp301 miliar atau naik 12% dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp269 miliar. Pendapatan usaha tercatat Rp1,284 triliun atau tumbuh 29% dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp995 miliar.

“Laba perseroan meningkat ditopang oleh peningkatan pendapatan dari penjualan properti di unit usaha residensial yang naik hingga 35% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dan pendapatan berulang yang naik 16% dari tahun sebelumnya,” ungkap Olivia Surodjo, Direktur PT Metropolitan Land Tbk pada acara paparan publik mengenai kinerja dan rencana perseroan untuk pengembangan projek (13/11/2023).

Metland Cibitung, Metland Cileungsi dan Metland Cyber Puri memberikan kontribusi terbesar pada pendapatan penjualan perseroan. “Penjualan rumah tapak masih cukup baik dan isu politik masih dalam situasi yang menurut kami kondusif,” tambah Olivia, dikutip dalam keterangan resmi.

Sementara pendapatan berulang didorong oleh Metropolitan Mall Bekasi, Grand Metropolitan dan Hotel Horison Ultima Bekasi. Kontribusi masing-masing bidang usaha MTLA terhadap total pendapatan adalah 71% dari penjualan dan 29% dari pusat perbelanjaan, hotel, pusat rekreasi dan pendapatan lain-lain. Selain itu, aset pada akhir Kuartal III tahun 2023 senilai Rp6,9 triliun dan ekuitas Rp5,04 triliun.

Pendapatan versi marketing sales hingga Oktober 2023 sebesar Rp1,3 triliun atau 73% dari target tahun 2023. “Kami menyambut baik kebijakan pemerintah untuk kembali memberikan insentif PPN DTP. Masyarakat yang sudah siap secara finansial dapat langsung memanfaatkan program ini untuk melakukan pembelian dan tidak menunda-nunda, sehingga diharapkan dapat mengejar target sales hingga akhir tahun,” jelas Olivia

Saat ini perseroan memiliki 21 projek, di antaranya 19 projek telah berjalan dan dua projek lainnya dalam persiapan. Perseroan hingga Kuartal III tahun 2023 telah menambah projek baru diantaranya unit usaha One District at Puri, sebuah area commercial block yang berada di dalam kawasan Metland Cyber Puri. Selain itu, MTLA juga telah mengoperasikan unit komersial baru yaitu Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud di Bali pada pertengahan tahun 2023 yang lalu.

Perseroan terus melanjutkan pemasaran projek residensial seperti Metland Cyber Puri yang memasarkan cluster The Nortbend phase 3, Metland Menteng yang memasarkan Cluster Costaria, Metland Transyogi Cibubur yang memasarkan Cluster Ivory, Metland Cileungsi yang memasarkan tipe Alstonia dan Metland Cibitung yang memasarkan cluster Barcelona Cove. Selain itu, segera meluncurkan projek residensial terbarunya yaitu Metland Cikarang pada akhir tahun 2023.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved