Marketing Trends

Bank OCBC NISP Ubah Merek dan Logo Jadi OCBC

Bank OCBC NISP resmi mengubah merek dan logo menjadi OCBC, efektif per 14 November 2023. Perubahan ini diikuti pula oleh unit usaha syariah yang berubah nama menjadi OCBC Syariah serta merek turunan lainnya.

Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC Indonesia mengatakan, perubahan nama merek dan logo ini adalah bagian dari proses transformasi yang mendorong perusahaan untuk terus naik level dan tumbuh secara berkelanjutan.

“Sebagai bagian dari OCBC Group, kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta turut membantu masyarakat untuk mencapai aspirasi keuangan mereka di ASEAN, Greater China, dan sekitarnya,” ujarnya saat peluncuran merek dan logo baru di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Meski demikian, perubahan merek dan logo ini tidak memengaruhi nama legal bank yaitu PT Bank OCBC NISP Tbk. Sebelumnya perubahan serupa telah diumumkan di Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Macau pada 3 Juli 2023 lalu.

“Dengan menggunakan nama merek dan logo yang sama di seluruh negara, OCBC Indonesia akan memberikan layanan keuangan yang lebih komprehensif bagi nasabah. Hal tersebut diimplementasikan dengan memaksimalkan sinergi antar negara melalui kapabilitas OCBC Group yang dipadukan dengan kekuatan, pengetahuan, dan nilai budaya lokal,” lanjut Parwati.

Perubahan ini juga dinilai akan lebih meningkatkan akses untuk memanfaatkan berbagai kekuatan dan sumber daya dari OCBC Group. Dengan begitu, OCBC dapat menawarkan berbagai pilihan produk dan layanan perbankan maupun nonperbankan yang lebih luas kepada nasabah, dengan akses ke pasar regional dan global.

Dalam kesempatan yang sama, Group CEO of OCBC Helen Wong mengatakan, Indonesia mengikuti langkah Singapura, Malaysia, Hong Kong dan Macau yang merupakan pasar utama, serta negara-negara ekonomi maju lainnya seperti London, New York, dan Sydney yang juga meluncurkan OCBC sebagai nama merek dan logo terbaru.

Pada Desember nanti, China (Tiongkok) akan menjadi negara terakhir yang melakukan perubahan merek dan logo tersebut. Menurutnya, di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik dan kondisi ekonomi yang kian menantang, sektor perdagangan dan investasi di seluruh ASEAN dan Greater China masih memiliki peluang yang besar dan bahkan terus meningkat.

“Kami optimis dengan pertumbuhan ekonomi jangka panjang Indonesia. Oleh karena itu, kami akan terus berinvestasi di negara ini, demi mendukung kebutuhan dan membantu mewujudkan aspirasi nasabah untuk terus bersama, melaju jauh,” tutur dia.

Logo OCBC Indonesia terakhir kali diperbaharui pada 2008, sejalan dengan OCBC Bank sudah menjadi pemegang saham mayoritas. Sejalan dengan logo baru yang diperbaharui, perusahaan juga meluncurkan tagline baru: For now, and beyond (Terus Bersama, Melaju Jauh).

“Tagline baru tersebut mencerminkan DNA OCBC yang selalu memiliki pandangan jangka panjang dalam semua transaksi dan investasi, serta komitmen kami yang tidak hanya pada saat ini tetapi juga pada masa depan, untuk memberikan dampak yang berkelanjutan bagi dunia yang lebih baik,” kata Parwati.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved