Trends

Ini Juara Jagoan Pariwisata 2023 yang Siap Dorong Pertumbuhan Desa Wisata

(Ki-Ka) Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Chief People Officer tiket.com Dudi Arisandi pada acara Awarding Jagoan Pariwisata (15/11/2023). (Foto: Dok. tiket.com)

Setelah melaksanakan pembinaan dan kompetisi selama bulan September, program Jagoan Pariwisata 2023, program kolaborasi tiket.com, Online Travel Agent (OTA) pertama di Indonesia, bersama Kemenparekraf RI, mencapai puncaknya dengan pengumuman serta penganugerahan kepada para pemenang pada Rabu (15/11).

Pada pelaksanaannya yang menginjak tahun kedua ini, seri program Jagoan Pariwisata yang ditujukan bagi para pelaku desa wisata yang berada di bawah naungan Jejaring Desa Wisata (JADESTA) berhasil melibatkan 46 unit bisnis dari pelaku desa wisata termasuk Desa Wisata Undisan di Bangli (Bali), Desa Wisata Sudaji di Buleleng (Bali), Desa Wisata Semen di Blitar (Jawa Timur), Desa Wisata Selasari di Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat), dan Desa Wisata Dieng Kulon di Kabupaten Banjarnegara (Jawa Tengah).

Mengangkat tema “Empowering Local Champion for Sustainable Growth”, tiket.com mengajak

pelaku usaha desa wisata untuk meningkatkan kapabilitas usahanya agar dapat menerapkan prinsip berkelanjutan (sustainable). tiket.com mengadakan kegiatan pendampingan dan mentoring bagi para pelaku usaha wisata yang tergabung dalam Jejaring Desa Wisata (JADESTA).

“Program Jagoan Pariwisata adalah sesuatu yang luar biasa dan dapat menjadi program yang berkelanjutan. Kami percaya kegiatan ini akan memberikan kontribusi tidak hanya bagi para peserta namun juga pada industri pariwisata di Indonesia. Selain itu di tahun ini, kami mengapresiasi peran aktif 43 t-fams (karyawan tiket.com) yang bersemangat untuk turun langsung memberikan pelatihan kepada para peserta. Keinginan teman-teman tiket.com untuk membangun pariwisata dan Desa Wisata sangat tinggi, maka dari itu saya ingin memberikan apresiasi kepada mentor dan juga teman-teman tiket.com untuk terus berusaha mengembangkan pariwisata di Indonesia,” ujar Dudi Arisandi, Chief People Officer tiket.com

Selain mendapatkan sesi mentoring, para peserta juga menjalani serangkaian tahapan yang sudah disusun oleh tiket.com, termasuk business pitch competition, penjurian, dan finalconsideration. Rangkaian kegiatan Jagoan Pariwisata 2023 ini menghasilkan pemenang dari kategori Best Homestay yang dimenangkan oleh Mandhasativa, yang berlokasi di Desa Sudaji, Buleleng, Bali. Kategori Best Digital Creative disabet oleh Keripik Kentang Lara di Desa Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Kategori Best Tourist Attraction diraih oleh Kampung Semai yang terletak di Desa Semen, Blitar, Jawa Timur, dan kategori Best BeTiDeWi berhasil diperoleh TPST Saling Peduli yang berada di Desa Selasari, Pangandaran, Jawa Barat.

“Kita akan terus berinovasi untuk menciptakan gagasan-gagasan baru. tiket.com sebagai sebuah platform OTA juga telah menjadi jawaban bagi perilaku gaya hidup digital para konsumen yang meningkat lebih pesat pasca pandemi. Program Jagoan Pariwisata merupakan program yang sangat dekat, kolaboratif dan inspiratif untuk mendorong pertumbuhan Indonesia. Jagoan Pariwisata juga merupakan salah satu kolaborasi yang kami apresiasi karena dapat menciptakan dan mengembangkan UMKM yang siap digital atau Go Digital. Semoga penghargaan ini dapat memberi inspirasi dan motivasi untuk mengembangkan beragam inovasi untuk pariwisata Indonesia,” tutur Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia secara virtual.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, menyatakan, tiket.com kerap meluncurkan beragam inisiatif yang dibuat dengan tujuan menjaga keberlangsungan kosistem pariwisata di Indonesia. tiket.com percaya bahwa ekosistem pariwisata yang baik akan memberikan pengalaman wisata yang mengesankan bagi para wisatawan asing maupun domestik. Melalui program Jagoan Pariwisata, diharapkan pariwisata Indonesia dapat bangkit kembali serta keberlangsungan sektor ekonomi kreatif dan para UMKM agar dapat tetap terjaga.

“Kami membuat program ini dengan tujuan untuk mengembangkan kapabilitas dan potensi dari teman-teman yang ada di lokasi area Desa Wisata terutama para peserta ADWI dan Program Sadar Wisata. Area-area di desa wisata bisa terus kita kembangkan, hal tersebut juga menjadi fokus area yang akan dikembangkan oleh tiket.com. Kami yakin kesuksesan ini bisa menjadi inspirasi dan dapat membuka pintu bagi pelaku usaha desa wisata lainnya,” tutur Gaery.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved