Technology Trends

Synnex Metrodata Indonesia Distribusikan Solusi AI dari IBM

Presiden Direktur IBM Indonesia Roy Kosasih dan Direktur SMI Lie Heng. (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

IBM Indonesia menunjuk PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), anak perusahaan Metrodata Group, sebagai distributor resmi untuk menghadirkan solusi IBM, termasuk AI generatif untuk bisnis dan solusi infrastruktur guna memenuhi kebutuhan pasar komersial di Indonesia.

SMI dengan jaringan yang tersebar di 20 wilayah strategis di Indonesia mencakup lebih 150 kota, dan 5.200 mitra saluran akan memperkenalkan dan memperluas jejak distribusi untuk berbagai solusi AI dan infrastruktur IBM. Mulai dari foundation model, otomatisasi hingga cybersecurity dan sustainability yang didukung AI.

Presiden Direktur IBM Indonesia Roy Kosasih menjelaskan, kemitraan ini untuk mendukung banyak sektor enterprise di Indonesia yang ingin berakselerasi dalam hal transformasi digital sehingga mampu meningkatkan daya saing industri. “Kami menunjuk PT SMI sebagai distributor resmi untuk menghadirkan solusi-solusi IBM, termasuk AI generatif untuk memenuhi kebutuhan pasar komersial di Indonesia,” jelas Roy.

Tahun ini IBM memperkenalkan solusi terbaru AI untuk bisnis yang siap pakai yaitu Watsonx. IBM AI adalah AI generatif untuk bisnis, karena watsonx memanfaatkan foundation model, dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip etika yang menjadi komitmen IBM, menyediakan akses layanan mandiri dan semua yang dibutuhkan bisnis seperti, perangkat, teknologi, infrastruktur, dan pakar konsultasi dalam skala besar di satu tempat. Sehingga bisnis mampu memanfaatikan generativeAI dengan maksimal.

Watsonx terdiri dari studio watsonx.ai untuk model fondasi baru, AI generatif, dan machine learning (penyimpanan data watsonx.data, yang dibangun di atas arsitektur lakehouse terbuka. IBM juga meluncurkan watsonx.governance pada tanggal 5 Desember untuk membantu organisasi menerapkan AI secara bertanggung jawab dan bersiap menghadapi regulasi yang akan diterapkan di seluruh dunia.

Melalui platform IBM watsonx, perusahaan akan memiliki akses terhadap perangkat, teknologi, infrastruktur, dan keahlian konsultasi untuk membangun model AI mereka sendiri dan menerapkannya dalam skala besar di lingkungan yang lebih dapat dipercaya dan terbuka untuk mendorong daya saing dan produktivitas.

“SMI menghadirkan segudang pengalaman dan keahlian yang diharapkan akan memperluas ekosistem IBM dan manfaat dari penyampaian solusi teknologi AI IBM. Hal ini diharapkan mampu membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas, berdasarkan teknologi yang terpercaya dan bertanggung jawab,” ungkap Lie Heng, Direktur Synnex Metrodata Indonesia.

Untuk diketahui, pasar layanan TI di Indonesia diperkirakan akan tumbuh sampai dengan US$9 miliar pada tahun 2028, dan International Data Corporation (IDC) memprediksi area utama investasi TI adalah modernisasi, infrastruktur, optimalisasi aplikasi, dan produktivitas perusahaan.

AI diproyeksikan akan menghasilkan nilai luar biasa sebesar US$16 triliun pada tahun 2030, mendorong pertumbuhan dan membantu mengatasi beberapa tantangan paling mendesak di bidang jasa keuangan, layanan kesehatan, manufaktur, dan perubahan iklim.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved