Trends

Langkah Chandra Asri Terapkan Bisnis Berkelanjutan

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) meluncurkan program Indonesia Asri untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Ini merupakan salah satu inisiatif perusahaan dengan memberikan edukasi terkait lingkungan yang berkelanjutan.

Director of Human Resources & Corporate Affairs Chandra Asri, Suryandi mengatakan bahwa program ini bertujuan memberikan edukasi agar pelaku bisnis dan masyarakat lebih memperhatikan lingkungan dan bisa mewariskannya ke generasi mendatang. “Program ini juga merupakan awarness kepada masyarakat bahwa produk yang dihasilkan oleh Chandra Asri tidak perlu ditakuti akan menjadi sampah yang tidak bisa di daur ulang,” ujarnya.

Lebih jauh, dia mengatakan, penting untuk bekerjasama dengan masyarakat dalam memilah sampah untuk didaur ulang. Selain memberikan pendidikan kepada masyrakat terkait gerakan lingkungan melalui Indonesia Asri dalam upaya membangun bisnis yang berkelanjutan, perusahaan yang sudah berdiri sejak 31 tahun lalu ini juga banyak melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah dan institusi lain, salah satunya dengan mengembangkan inovasi plastik aspal. Dimana perusahaan mencampurkan aspal dengan plastik dalam proses pembuatannya.

“Aspal Plastik yang kami ciptakan memiliki ketahanan 50 persen dibanding aspal konvensional,” ujarnya. Inovasi Aspal Plastik telah diimplementasikan di wilayah Cilegon, Tegal, BSD, dan Garut. Dia menuturkan, aspal yang diproduksi lebih kuat dan tahan lama, serta bisa menjadi investasi jangka panjang karena ketahannya lebih tinggi 50 persen sehingga cycle-nya lebih sedikit.

Selanjutnya, Chandra Asri juga melakukan inovasi untuk mendaur ulang sampah menjadi bahan bakar yang sejenis Bahan Bakar Minyak (BBM). Bahan bakar ini telah digunakan oleh nelayan di sekitar wilayah operasional Chandra Asri dan kendaraan operasional perusahaan. Namun, dia mengatakan, saat ini pihaknya masih memproduksi dalam skala kecil.

Kampanye Indonesia Asri sendiri berfokus pada tiga pendekatan, yaitu edukasi pengelolaan sampah berkelanjutan, inisiatif pengurangan jejak karbon, dan aksi nyata bersama masyarakat. “Kami berharap #IndonesiaAsri dapat menjadi wadah aspirasi dan kebutuhan dari setiap generasi untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan,” kata Head of Corporate Communication Chandra Asri, Chrysanthi Tarigan.

Dalam kampanye ini, Chandra Asri juga meluncurkan Microsite yang berisi konten edukasi dan inspirasi soal sustainable living dan tantangan selama 365 hari. Tujuannya adalah melakukan pola hidup sehari-hari yang selaras dengan lingkungan. Sebagai tambahan, Suryandi menjelaskan di tahun 2024 mendatang Chandra Asri akan mulai membangun pabrik bahan baku tambang yang akan menggasilkan produk alumina dan nikel di daerah cilegon dengan nilai investasi pabrik US$1 miliar. Pabrik ini dijadwalkan akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2024 mendatang


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved