Capital Market & Investment

Bank Raya (AGRO) Bidik Pengunduh Aplikasi Raya dan Pinang Tumbuh Dua Digit

Direksi Bank Raya pada Pubex Live 2023 di Jakarta pada Rabu, 29 November 2023. (Tangkapan layar : Vicky Rachman/SWA).

PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO) memproyeksikan jumlah pengunduh aplikasi Raya dan Pinang di 2024 tumbuh dua digit. Kedua aplikasi Bank Raya ini diundung lebih dari 1 juta. Guna memperkuat digitalisasi, perseroan mengalokasikan belanja modal (capex) teknologi dan informasi sebesar 50% dari total belanja modal. Perseroan melanjutkan transformasi digital dan mengkreasikan bisnis yang berkelanjutan yang antara lain bersinergi dengan ekosistem PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

Ida Bagus Ketut Subagia, Direktur Utama Bank Raya, mengatakan Bank Raya merupakan bank digital dengan jaringan online to offline (O2O) terluas di seluruh Indonesia.“Jaringan O2O dengan lebih dari 750 ribu akses poin yang tersebar di seluruh Indonesia, serta kekuatan sinergi di dalam ekosistem BRI Group yang didukung oleh produk digital Bank Raya yang praktis dan komprehensif, memungkinkan kami untuk mendorong penetrasi inklusi keuangan digital secara meluas di Indonesia,” ucap Bagus pada Public Expose Live di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Sepanjang 2023, Bank Raya telah melakukan inisiasi bisnis dan inovasi untuk menopang bisnis digital berkelanjutan. Pada Semester I/2023, Bank Raya terus mengoptimalkan potensi sinergi dengan ekosistem BRI dimulai dari pemanfaatan channel BRI seperti tarik dan setor tunai di ATM BRI dan Agen BRILink. Perseroan semakin memperluas cakupan layanan diantaranya melalui kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan maupun dengan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) untuk melayani UMKM.

Selain itu, perseroan pada semester II/2023 untuk semakin memperluas jangkauan Bank Raya kepada masyarakat, maka dibuka Community Branch di Denpasar, Palembang, dan Yogyakarta. Bank Raya juga semakin mempermudah pelaku usaha dan komunitas untuk mengelola bisnisnya dengan diluncurkannya Saku Bisnis yang terintegrasi pada Aplikasi Bank Raya.

Dengan semakin lengkapnya layanan Bank Raya, maka untuk memperkuat posisi sebagai bank digital yang merupakan bagian dari BRI Group, maka perseroan meresmikan logo baru pada November 2023.

Bagus menjabarkan ertumbuhan bisnis digital di tahun ini didukung oleh komitmen dan strategi Bank Raya untuk memperluas pasar potensial dengan menjadi mitra untuk pelaku usaha dan kawan finansial untuk komunitas melalui pengembangan produk dan layanan yang mampu menjawab kebutuhan nasabah secara komprehensif.

Untuk mencapai pertumbuhan bisnis jangka panjang, manajemen AGRO berfokus pada 5 strategi utama pengembangan bisnis digital. Yang pertama, kekuatan Bank Raya sebagai bank digital dengan jaringan Online to Offline (O2O) terluas di seluruh Indonesia. Kedua, inovasi berkelanjutan dan produk digital Bank Raya komprehensif (cross segment digital product) yang memungkinkan Bank Raya untuk scale up bisnis dengan cara partnership dan akuisisi end user melalui ekosistem BRI maupun ekosistem digital lainnya.

Ketiga, optimalisasi produk dan ekosistem yang ada melalui ekspansi pada bisnis keagenan BRI Group dan bisnis keagenan lainnya, pelaku usaha mikro, dan pekerja mikro lainnya, serta eksplorasi untuk perluasan pasar potensial bisnis digital. Yang keempat, Sinergi BRI Grup sebagai Digital Attacker untuk melayani pasar UMKM melalui produk dan jasa perbankan digital yang smaller, shorter, faster dan mudah diakses nasabah. Kelima, komitmen untuk perbaikan business enabler secara berkesinambungan dalam teknologi, sumber daya manusia, dan manajemen risiko untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang solid dan mendorong kepuasan pelanggan.

Adapun, pertumbuhan nilai transaksi digital saving yang mencapai 163% secara tahunan sehingga pada Oktober 2023 tercatat sebesar Rp 2,3 triliun. Peningkatan juga terjadi di total transaksi Aplikasi Raya sebesar 192% sehingga pada Oktober 2023 tercatat sebesar 1,4 juta transaksi. Saat ini, user digital saving Bank Raya tercatat sebesar 784 ribu dengan rata-rata saldo sebesar Rp 1,3 juta.

Sementara itu dari sisi digital lending, Bank Raya telah memiliki produk digital yang beragam yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah. Produk pinjaman digital yang penyalurannya dilakukan secara end-to-end kepada end user yaitu Pinang Flexi dan Pinang Dana Talangan menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Pinang Flexi yang ditujukan untuk nasabah payroll BRI Group tumbuh sebesar 151,3% secara tahunan. Pinang Dana Talangan yang memberikan kemudahan bagi agen BRILink BRI tumbuh sebesar 47,2%. Untuk produk yang penyalurannya digitize melalui platform customer relationship management yaitu Pinang Maksima dan Pinang Performa, sama-sama menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Pertumbuhan Pinang Maksima sebesar 161,3% sementara Pinang Performa tumbuh sebesar 133,4% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Bank Raya juga terus melakukan perbaikan business enabler, dengan memperkuat aspek teknologi, human capital dan manajemen risiko. Digital capability Bank Raya terus ditingkatkan secara berkesinambungan melalui big data technology, layanan berbasis IT yang handal serta Contact Center Sapa Raya dengan response time yang berkualitas.

Transformasi culture & people terus dilakukan oleh Bank Raya dengan talenta terbaik yang memiliki digital mindset dan capability. Untuk penguatan manajemen risiko secara berkelanjutan, Bank Raya mengembangkan automated machine learning credit scoring dalam rangka menjaga kualitas kredit serta pemanfaatan teknologi artificial intelligence untuk pengembangan Fraud Detection System (FDS).

Performa Digital

Didukung dengan perkembangan bisnis digitalnya, Bank Raya pada Oktober 2023 membukukan laba bersih Rp 18 miliar atau melejit 118% apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sampai dengan akhir Oktober 2023, Bank Raya telah menyalurkan kredit sebesar Rp 8,9 triliun meningkat 134% dari Oktober 2022 yang tercatat sebesar Rp 3,8 triliun. Hal ini juga mendorong pertumbuhan signifikan outstanding kredit digital Bank Raya pada Oktober 2023 sebesar 49% mencapai lebih dari Rp 1 triliun.

Pencapaian yang sama juga terlihat pada digital saving Bank Raya, yang tumbuh 94% pada Oktober 2023 mencapai kisaran Rp1 triliun.Ke depannya, perseroan melanjutkan tren positif ini melalui pertumbuhan bisnis digital yang berkualitas, dengan terus menginternalisasi seluruh komitmen strategi bisnis di setiap lini bisnis utama. “Serta terus mengakselerasi langkah kami menuju profitabilitas jangka panjang.” tutur Bagus.

Beberapa rasio kunci Bank Raya juga mengalami perbaikan meskipun di tengah kenaikan suku bunga. Tren penurunan pada rasio BOPO terlihat sepanjang tahun 2023 sehingga pada Oktober 2023 tercatat sebesar 86,1%. Hal yang sama juga dialami oleh rasio CIR dimana trennya mengalami penurunan sepanjang tahun 2023 sehingga pada Oktober 2023 tercatat sebesar 73,9%. Permodalan dan likuiditas yang terjaga, terlihat dari CAR yang kuat di level 48% pada Oktober 2023 serta peningkatan CASA menjadi sebesar 28,9% dan LDR yang stabil pada level 78,6%.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved