Corporate Action Capital Market & Investment

Medco Akuisisi 20% Kepemilikan Dua Blok Migas di Oman

Kesultanan Oman setuju Medco akuisisi 20% kepemilikan dua blok migas. (foto dok Medco)

PT Medco Energi Internasional Tbk (Medco Energi) telah mendapatkan persetujuan dari Kesultanan Oman untuk mengakuisisi 20% kepemilikan pada dua blok migas di negara tersebut. Transaksi ini diharapkan selesai pada Desember 2023.

Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro mengatakan, Medco Energi akan mengakuisisi dari OQ Exploration & Production LLC (OQEP), 20% kepemilikan atas lisensi produksi Blok 60 dan 20% kepemilikan atas lisensi eksplorasi Blok 48. Kedua blok ini berlokasi di darat, tepatnya di bagian barat tengah Oman.

Blok 60 memiliki dua lapangan produksi yakni lapangan minyak Bisat dan lapangan gas Abu Butabul. OQEP adalah perusahaan energi terintegrasi global yang terpusat di Oman. OQEP saat ini mengoperasikan tiga blok di Oman (8, 48 dan 60) dan berpartisipasi pada sejumlah joint ventures aset eksplorasi dan produksi di Oman dan Kazakhstan.

Meski Medco akan melakukan akuisisi, namun OQEP akan tetap menjadi operator kedua blok tersebut. Medco hanya mengakuisisi 20% kepemilikan dua blok dari OQEP.

“Akuisisi ini sejalan dengan strategi kami untuk memiliki dan mengembangkan aset-aset berkualitas tinggi yang menghasilkan kas dengan potensi pertumbuhan yang besar. Setelah selesai, akuisisi ini akan meningkatkan produksi harian MedcoEnergi sebesar ~13 MBOEPD dan berkontribusi signifikan terhadap cadangan gas dan minyak di masa depan,” ujarnya kepada BEI, dikutip Kamis (30/11/2023).

PT Medco Energi Energi Internasional Tbk adalah perusahaan energi dan sumber daya alam Asia Tenggara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (MEDC-). Medco memiliki tiga segmen bisnis utama, minyak & gas, ketenagalistrikan dan pertambangan tembaga. MedcoEnergi mengeksplorasi dan memproduksi minyak dan gas terutama di Indonesia.

Kelompok usaha MedcoEnergi mengoperasikan pembangkit listrik tenaga gas, solar PV, panas bumi dan air di Indonesia melalui MedcoEnergi Power dan melalui kepemilikan non-konsolidasi di PT Amman Mineral Internasional Tbk. Amman mengoperasikan tambang tembaga dan emas yang besar di Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved