Technology SWA Online Trends

Integrasi Human Capital dan Digital Jadi Kunci Pengelolaan SDM Masa Depan

Human Capital & Performance Award 2023.

Gelaran Human Capital & Performance Award 2023 bertajuk ‘Strategic Integration of Digital Technology & AI in HR Operations’ menobatkan 38 perusahaan yang terdiri dari 29 BUMN, 2 BUMD dan 7 Swasta sebagai penerima penghargaan dalam pengelolaan human capital yang inovatif.

Acara yang diselenggarakan oleh BusinessNews Indonesia ini merupakan kerja sama antara Forum Human Capital Indonesia (FHCI), PMSM Indonesia, CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), University of Glasgow UK, University of Exeter UK dan lainnya.

Berdasarkan evaluasi dan penilaian para pakar dan profesional di bidang human capital, ICT, riset & inovasi yang menjadi dewan juri Human Capital & Performance Award 2023 dalam proses penjurian, bahwa perusahaan-perusahaan tersebut telah mengimplementasikan transformasi digital yang terintegrasi dalam pengembangan dan pengelolaan Human Capital.

Pemenang dari acara penghargaan ini nantinya akan dinilai masyarakat sebagai perusahaan yang memiliki kinerja bisnis yang tumbuh berkelanjutan dengan didasari oleh sistem dan manajemen human capital yang baik dan memiliki kendala dalam mencapai tujuan bisnisnya.

Ketua Penyelenggara Human Capital & Performance Award 2023, Irnanda Laksanawan menjelaskan, event ini bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan transformasi human capital serta mengukur dan menilai kinerja sekaligus keefektivitasan strategi human capital agar semakin unggul, profesional, kompetitif, akuntabel dan menjadi penyeimbang daya saing sebagai negara di pasar domestik maupun internasional.

Perusahaan-perusahaan Indonesia telah menunjukan transformasi secara fundamental dan sistemik dengan menggunakan kecanggihan sistem IT, digital dan AI dalam pengelolaan dan peningkatan pengembangan sumber daya manusianya dimana para karyawan dan profesionalnya dapat bekerja dengan agile dan fleksibel serta tetap berkinerja tinggi walaupun tidak harus dilakukan di kantor.

Ketua Dewan Juri Priyantono Rudito menjelaskan, bahwa proses penjurian Human Capital & Performance Award 2023 ini mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga (lesson learnt) bagi pengembangan berbagai ekosistem industri di Indonesia dalam mencapai pertumbuhan yang sustainable di era digital. Di antaranya adalah strategi human capital, inovasi dan transformasi

Digital dan terbentuknya Digital Leadership dalam menghadapi 3 tantangan besar (secure, survive dan sustain) di era digital ini, bahkan tetap bisa bertumbuh dengan baik.

Hal ini dilakukan dengan cara membangun DNA terbarukan (self renewable DNA) melalui dua hal yang sulit dilakukan dalam waktu bersamaan, yaitu memastikan terjaganya kinerja core business dan memimpin manajemen perubahan (change management) yang cukup keras dalam program transformasi digital.

“Oleh karena itu penting untuk dijadikan pembelajaran bersama bahwa pembentukan DNA terbarukan tersebut ditempuh dengan melakukan perubahan mendasar dari pendekatan bisnis, yaitu shifting dari current business practice ke next business practice dari waktu ke waktu dalam waktu yang relatif lebih singkat”, tegas Priyantono.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved