Financial Report Capital Market & Investment

Pimpin Pasar Jalan Tol RI, Kinerja Jasa Marga Moncer

Jaringan jalan tol Trans Jawa. (dok Jasa Marga)

Hingga Kuartal III 2023, PT Jasa Marga Tbk masih memegang posisi market leader di industri jalan tol Indonesia. Total panjang jalan tol yang telah dioperasikan sepanjang 1.260 km atau 47% dari panjang jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia.

Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh perseroan di periode yang sama adalah sepanjang 1.736 km di seluruh Indonesia. Jumlah konsesi ini termasuk penambahan konsesi terbaru yang diperoleh perseroan yaitu jalan tol akses Patimban sepanjang 37,05 km yang dikelola oleh PT Jasamarga Akses Patimban (JAP).

Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga Nixon Sitorus menjelaskan, pihaknya saat ini memiliki 36 konsesi jalan tol, yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali. Pengelolaan konsesi jalan tol ini dilakukan oleh induk perusahaan untuk 9 ruas jalan tol, sub holding sebanyak 13 ruas jalan tol dan anak perusahaan sebanyak 14 ruas jalan tol.

“Selain itu, Jasa Marga juga memiliki tiga anak perusahaan service provider yang berfokus pada bisnis pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol yaitu PT Jasamarga Tollroad Operator, PT Jasamarga Tollroad Maintenance dan PT Jalantol Lingkarluar Jakarta. Satu anak perusahaan di bisnis prospektif yaitu PT Jasamarga Related Business,” ujar Nixon dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Nixon mengungkapkan, sejalan dengan peningkatan volume lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group, perseroan berhasil mempertahankan kinerja positif hingga Kuartal III tahun 2023. Peningkatan kinerja ini tercermin dari pencapaian pendapatan usaha sebesar Rp11 triliun atau tumbuh 7,7%.

RInciannya, kontribusi dari kinerja pendapatan tol sebesar Rp9,8 triliun atau meningkat 5,1% dari Kuartal III 2022 (YoY). Sementara kontribusi kinerja pendapatan usaha lain sebesar Rp1,2 triliun atau naik 34,8% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Realisasi EBITDA perseroan juga meningkat, yaitu mencapai Rp6,8 triliun, meningkat 5,7% dari kuartal III 2022. Realisasi EBITDA margin mencapai level 62,1%, di tengah pengoperasian ruas-ruas jalan tol baru dan peningkatan mobilisasi masyarakat yang menjadi katalis positif atas kenaikan volume lalu lintas Perseroan,” ungkapnya.

Selain itu, perseroan mencatat total aset sebesar Rp124,9 triliun dan membukukan laba bersih sebesar Rp5,97 triliun hingga kuartal III n 2023. Sebesar Rp4,1 triliun dari laba bersih merupakan dampak dari pemenuhan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 22 tentang kombinasi bisnis sehubungan konsolidasi kembali PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), dan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) melalui akuisisi saham PT Lintas Marga Jawa (LMJ) oleh PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) di bulan Juli 2023.

PT JTT melakukan pembelian kembali (buyback) unit penyertaan Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) Mandiri Infrastruktur Ekuitas Transjawa (MIET) pada PT JSB, PT JSN dan PT JNK. Selain RDPT MIET, pada Oktober 2022 lalu, Jasa Marga telah melakukan divestasi Jalan Layang MBZ yang dikelola oleh PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC). Kedua aksi korporasi tersebut mempengaruhi kinerja Perseroan secara year-over-year (YoY).

“Walaupun demikian, tanpa memperhitungkan dua aksi korporasi dimaksud, kami masih berhasil meningkatkan pendapatan usaha dan EBITDA hingga Kuartal III 2023 yaitu pendapatan usaha sebesar Rp10,57 triliun meningkat 10,6% dari Kuartal III tahun 2022 sebesar Rp9,57 triliun dengan realisasi EBITDA mencapai Rp6,46 triliun meningkat 8,9%, dibandingkan Kuartal III tahun 2022 sebesar Rp5,93 triliun,” ucap Nixon.

Sementara itu untuk core profit perseroan adalah sebesar Rp1,86 Triliun, meningkat sebesar 84,9% dibandingkan dengan tahun lalu. “Dapat dilihat, perseroan juga dapat mempertahankan rasio keuangan lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” ungkapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved