Marketing Trends

Garuda Targetkan Transaksi GUTF 2023 Rp30 Miliar

Garuda Umrah Travel Fair 2023

Data perjalanan masyarakat untuk menuju ke Tanah Suci juga terus mengalami peningkatan. Data Kemenag RI, terdapat 1,5 juta jamaah asal Indonesia yang melakukan umrah pada periode Juni 2022 — Juni 2023, di mana jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga sebesar 40% dibandingkan periode sebelum pandemi.

Melihat potensi tersebut, bersama Bank Syariah Indonesia (BSI), maskapai penerbangan Garuda Indonesia Tbk (GIAA) tengah menggelar Garuda Umrah Travel Fair (GUTF) 2023 di Jakarta. Dari pameran ini, Garuda menargetkan transaksi hingga Rp30 miliar.

Pelaksanaan GUTF 2023 ini merupakan pelaksanaan pertama kalinya, di mana pada gelaran GIAA menggandeng 14 travel agent khusus umrah dan haji menyiapkan penawaran paket perjalanan umrah. Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menjelaskan bahwa event ini merupakan salah satu bentuk komitmen GIAA untuk menghadirkan aksesibilitas udara bagi perjalanan ibadah masyarakat.

Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia Ade R. Susadi menyebut bahwa penyelenggaraan pameran perjalanan umrah dan haji ini berawal dari tingginya minat umat muslim untuk beribadah haji dan umrah. Adapun untuk target transaksi dari pameran ini seperti yang diungkapkan Ade senilai Rp30 miliar.

“Target transaksi pada saat Garuda Indonesia Umrah Travel Fair 2023 ini mungkin sekitar Rp30 miliar. Tersedia untuk keberangkatan sampai tahun depan 2024,” kata Ade saat acara pembukaan GUTF di Main Atrium Kota Kasablanka, Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Nur Arifin mengatakan bahwa umrah dan haji sejatinya adalah ibadah. Pelaksanaan ibadah umrah dan haji harus dilakukan sesuai dengan syariat.

“Undang-undang Nomor 8 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengamanahkan bahwa untuk umrah dan haji tidak termasuk kelompok piknik biasa, tapi kelompok ibadah,” tutur Arifin. Untuk itu diperlukan persiapan dari sisi mental, spiritual, seluruh dokumen, serta rencana perjalanan pergi pulang yang terakomodasi dengan baik.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved