Personal Finance

Kenapa Cek Kesehatan Finansial Itu Penting?

Digital Banking Partnership Head Bank BTPN Febri Rusli (kiri) dan Agustina Fitria, Financial Planner (kanan). (foto Ubaidillah/SWA)

Kesehatan fisik dan mental sering kali dilakukan, namun masih banyak orang yang abai dengan kesehatan finansial. Padahal, kesehatan finansial juga sama pentingnya seperti kesehatan fisik dan mental karena dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Certified Financial Planner OneShildt Agustina Fitria menjelaskan kenapa kesehatan finansial itu penting. Untuk menjawab pertanyaan ini, Fitria mengungkap beberapa alasan. Pertama, agar dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan. Setiap orang yang sudah memiliki penghasilan, baik yang sudah berkeluarga maupun yang masih sendiri, perlu melakukan cek kesehatan finansial minimal setahun sekali, sehingga mengetahui pos-pos apa yang perlu diperbaiki.

“Ya minimal satu tahun, bisa setiap akhir tahun, momen di mana melakukan financial check up, khususnya mengetahui kondisi kesehatan setahun terakhir. Pasti ada banyak uang dipakai, bisa untuk liburan, termasuk rencana menikah itu bisa dibahas,” ujarnya, Kamis (21/12/2023).

Kedua agar segera mendapat solusi atas permasalahan yang terjadi. Layaknya cek kesehatan fisik, di mana dokter akan menyarankan pasien akan memperbaiki kesehatannya di bagian fisik tertentu dengan pengobatan dan semacamnya, cek kesehatan finansial juga demikian.

“Nanti bisa tahu, finansial kita sehat apa tidak setelah dicek. Yang punya pasangan dan berencana akan menikah juga bisa melakukan cek finansial. Saya punya klien mereka berencana menikah dan melakukan financial check, itu bagus,” ujarnya.

Mengenai financial check dan perencanaannya, Febri Rusli selaku Digital Banking Partnership Head Bank BTPN mengungkapkan bahwa para pengguna (teman) Jenius telah semakin melek finansial. 96% telah menabung dengan rutin, naik 26% dibanding tahun sebelumnya, 83% sadar pentingnya mencatat cash flow, dan 73% mengalokasikan dana untuk tabungan lebih dari yang disarankan.

“Ada banyak fitur Jenius yang dapat membantu financial check up & planning seperti e-statement, monetery, save it, mata uang asing, reksa dana, flexi cash dan kartu kredit. Semua fitur tersedia dalam satu aplikasi dan dapat digunakan dengan mudah,” kata Febri.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved