Technology Trends

DMMX Gandeng Hotel, Supermarket dan Bandara di Tiga Kawasan Terapkan AI

DMMX melalui anak usahanya terapkan teknologi AI untuk retail di tiga kawasan. (dok DMMX)

Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) atau DMMX Grup melakukan implementasi smart ritel berbasis Artificial Intelligence (AI) di Timur Tengah, Amerika Selatan dan Asia Tenggara. Penerapan ini dilakukan melalui ZKDigimax Pte Ltd, perusahaan patungan antara ZKTeco Co. Ltd. (ZKTeco) dan DMMX.

Corporate Secretary DMMX Risa Pramesti mengatakan perseroan melakukan kesepakatan dan pemasangan di beberapa ritel seperti layar digital berbasis AI di hotel Marriott Dubai dan implementasi Electronic Shelf Label (ESL) pertama kalinya di hotel NH Collection Dubai The Palm untuk area Timur Tengah. Lalu pemasangan layar digital berbasis AI di Tambo Peru Supermarket dan Sanna Clinic Peru, Amerika Selatan. Terakhir pemasangan layar digital berbasis AI di Vkook Vietnam Supermarket dan Shilla Duty Free Changi Airport di area Asia Tenggara.

Risa melanjutkan, implementasi solusi smart ritel berbasis AI ini diharapkan mampu memudahkan retailer untuk mengelola konten pada layar promosi secara terpusat melalui Cloud infrastructure. Imbasnya, konten bisa dikirimkan secara cepat, dinamis, dan targeted menyesuaikan target audiens menggunakan teknologi berbasis AI.

“Langkah ini menjadi kelanjutan perseroan dalam membangun infrastruktur kecerdasan buatan (AI) untuk memberdayakan ekosistem smart ritel di pasar global. Hal ini sejalan dengan inisiatif Perseroan dalam merambah pasar global,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (05/01/2024).

Implementasi solusi Smart Ritel berbasis AI ini merupakan upaya perseroan dalam berekspansi di ranah global. Menurut Risa, saat ini perseroan berfokus pada 15 negara, seperti Chile, Peru, Dubai, Malaysia, Indonesia, Panama, Colombia, Kazakhstan, Spanyol, Thailand, Vietnam, Kenya, Singapura, Mesir, Angola, Afrika Selatan dan Meksiko.

“Inisiatif ini menjadi langkah strategis dalam menyolidkan kehadiran global perseroan. Dengan menyediakan solusi teknologi terdepan, perseroan berkomitmen untuk menggiatkan solusi Smart Ritel berbasis AI dengan memberikan pengalaman belanja yang unik, berkesan dan tepat sasaran bagi konsumen retailer di seluruh dunia,” ungkap Risa.

Supardi Tan, Chief Executive Officer ZKDigimax, menyatakan DMMX Grup selalu berkomitmen untuk menyediakan one stop solution untuk retailer global melalui solusi Smart Ritel berbasis AI, kerja sama dengan retailer di ranah global. Ke depannya, perseroan akan selalu memberikan berbagai inovasi terbaru dalam solusi ritel digital.

“Inovasi kami diharapkan bisa mengubah cara berbelanja, berinteraksi, dan bertransaksi bagi konsumen. Selain itu juga dapat memberikan cara baru dalam melakukan analisa perilaku konsumen dan perilaku outlet ritel bagi retailer untuk masuk era ritel modern saat ini,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved