GCG Companies

Komitmen Patra Logistik dalam Menjalankan Praktik GCG

PT Patra Logistik mendapatkan penghargaan pada gelaran Indonesia Good Corporate Governance Award 2023 yang diadakan oleh IICG dan Majalah SWA (20/12/2023).

Perusahaan yang bergerak dibidang usaha hilir migas yang fokus pada kegiatan penyedia jasa logistik tersebut dinilai telah mengimplementasikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang excellent dalam tata kelola perusahaan. Hasilnya, Patra Logistik berhasil meraih Fair Trusted Company atas komitmen perusahaan yang secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip GCG.

Direktur Utama PT Patra Logistik Rizky Mahesa Dwiyana menuturkan, penerapan prinsip GCG menjadi fondasi perusahaan agar mampu menjaga pertumbuhan bisnis di tengah tantangan ekonomi. Oleh karenanya perusahaan memasukkan prinsip-prinsip GCG ke dalam nilai dan budaya organisasi. Tujuannya agar dapat menciptakan dasar untuk pengambilan keputusan dan perilaku karyawan yang sejalan dengan prinsip-prinsip GCG. “Kami juga menyelenggarakan pelatihan secara berkala untuk semua karyawan, terutama para pemimpin, tentang prinsip-prinsip GCG dan pentingnya kepatuhan,” ujarnya.

Dari sisi manajemen risiko, perusahaan juga secara konsisten melakukan audit internal dan eksternal yang komprehensif, untuk mengidentifikasi menilai, dan mengelola risiko serta memastikan kepatuhan terhadap regulasi. “Melalui kombinasi strategi ini, perusahaan dapat membangun fondasi yang kuat untuk dapat mematuhi prinsip-prinsip GCG,” tuturnya.

Ke depan, perusahaan akan terus meningkatkan prestasi dalam penerapan GCG dengan menyelenggarakan program edukasi dan pelatihan reguler kepada seluruh karyawan, khususnya para pemimpin personil. Menurutnya, hal ini penting untuk memastikan pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip GCG dan melakukan audit internal secara teratur untuk mengevaluasi efektivitas implementasi GCG.

Sehingga hasil audit dapat digunakan untuk mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan dan untuk memastikan bahwa sistem tata kelola sedang berjalan dengan baik. Harapannya, perusahaan dapat membangun kepercayaan di antara para pemangku kepentingan, termasuk pemegang saham, pelanggan, karyawan, dan masyarakat.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved