Marketing Trends

Langkah La Grenouille Siapkan SDM di Dunia Hospitality

Dunia yang serba cepat dan terus berkembang saat ini menjadikan pendidikan sebagai kunci untuk membuka pintu menuju masa depan yang lebih cerah. Pendidikan yang lebih baik tidak hanya membekali individu dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk sukses, namun juga membuka potensi dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) untuk menentukan masa depan mereka.

Di Tabanan, Bali, sejak Desember 2016 La Grenouille Institute sudah merancang pelatihan langsung dengan intensif program empat minggu untuk memaksimalkan keterampilan dan mempersiapkan SDM dalam dunia hospitality, khususnya di industri jalur pelayaran kapal pesiar.

Alain Doenlen, Pendiri La Grenouille menjelaskan, program pendidikan di sana mencakup keterampilan praktis dan pengetahuan teoritis. Kurikulum intensif empat minggu meliputi program pelatihan calon koki dalam beragam masakan dan teknik kuliner, program bar & restoran serta program kursus bahasa Inggris.

Dia menuturkan nantinya, para lulusannya tersebut di persiapkan untuk berbagai peran dalam industri pelayaran seperti koki, layanan pelanggan bar & restoran. Adapun program ini tidak hanya di peruntukkan bagi pemula, tapi juga terbuka bagi ereka yang memiliki pengalaman. “Kami memadukan program tentang pengetahuan product, hygiene & sanitation yang di usung dari EHA (Enviromental Health Australia), prosedur keselamatan dan protokol darurat sebagai bagian dari integral kurikulum,” ujarnya melalui keterangan resmi (08/12/2023).

La Grenoille Institute diklaim Alain sebagai institusi pendidikan yang mempunyai fasilitas paling terbaru dengan mensimulasikan lingkungan kapal pesiar di dunia nyata, termasuk dapur kelas profesional dan ruang makan. Saat ini, memiliki tim yang berpengalaman serta untuk membina dan mempersiapkan para siswa. Salah satunya Chef Bodo Diedrich sebagai Trainer Supervisor yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun di industri kuliner internasional dan pelayaran yang dapat memperkenalkan para siswa pada teknik-teknik mutakhir dan tren terkini dalam menciptakan hidangan lezat.

Alain menambahkan, pihaknya mendukung karier bagi para alumni. Salah satu program unggulannya adalah bantuan penempatan kerja langsung di industri pelayaran, dengan dukungan dari mitra eksklusif PT Dewi Sri Baruna, agen kapal pesiar yang telah berdiri sejak tahun 2018 dan memiliki izin resmi dari Kementerian Tenaga Kerja RI. “Melalui kemitraan ini, La Grenouille Institute memberikan kesempatan pasca lulusannya mendapatkan posisi yang diinginkan di industri kapal pesiar,” tutur Ketut Sarini, CEO PT Dewi Sri Baruna.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved