Capital Market & Investment

Debut Perdana, Harga Saham Citra Nusantara (CGAS) Beri Cuan 24%

PT Citra Nusantara Gemilang Tbk melaksanakan IPO di BEI pada Senin, 8 Januari 2024. (Foto : BEI).

Harga saham PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (CGAS) melonjak sebesar 24,85% atau menjadi Rp 422 dari harga perdana Rp 338. CGAS merealisasikan penawaran umum perdana saham (IPO) dan mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin ini. Emiten kedua yang listing di BEI pada 2024 ini mencatatkan kelebihan permintaan (oversubscribed)

Pada pelaksanaan IPO selama kurun 2-4 Januari 2024, CGAS melepas saham ke publik sebanyak 531.429.000 lembar bernilai nominal Rp 50 per saham atau setara 30% dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan. Adapun harga penawaran umum dibanderol Rp 338 per saham atau berada di batas atas harga penawaran awal (book building) sekitar Rp 284-338 per saham, sehingga hal ini sekaligus menunjukkan optimisme perseroan bahwa saham CGAS diminati publik.

Direktur Pilarmas Investindo, William Siddharta mengungkapkan, tingginya antusias masyarakat untuk memiliki saham CGAS sudah tercermin di pasar primer yang mengalami kelebihan permintaan hingga 93,23 kali dari porsi penjatahan terpusat. “Rangkuman hasil penawaran umum melalui website e-IPO menunjukkan adanya oversubscribed terhadap porsi penjatahan terpusat sebesar 93,23 kali, dana investor yang masuk untuk memperebutkan porsi pooling saham CGAS mencapai Rp 2,51 triliun,” papar William di Jakarta, Senin (8/1/2024).

Pada aksi korporasi ini, manajemen CGAS menunjuk PT Pilarmas Investindo Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi Efek. Bersamaan pelaksanaan IPO, perseroan juga menerbitkan 265.714.500 Waran Seri I yang menyertai saham baru CGAS, dengan rasio 2:1. Sehingga, setiap pemegang dua saham baru berhak memperoleh satu waran, sementara itu setiap satu waran memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham CGAS. Dengan harga pelaksanaan Rp 306 per waran, maka CGAS bisa meraih dana dari hasil pelaksanaan Waran Seri I maksimal Rp 81,3 miliar.

Lebih lanjut William menegaskan, tingginya minat dan permintaan masyarakat terhadap saham CGAS selama masa penawaran di pasar perdana telah mencerminkan kepercayaan investor terhadap bisnis perseroan di bidang perdagangan dan distribusi gas yang ramah lingkungan.

Perseroan juga masuk ke dalam kategori industri gas alam cair (liquid natural gas/LNG) yang sejalan dengan program pemerintah mengenai transisi menuju energi rendah emisi. Perseroan sendiri memproyeksikan memiliki penjualan tembus sebesar Rp 1 triliun selama 5 tahun ke depan atau meningkat hampir 4 kali lipat dibandingkan 2023.

Laba bersih pada periode yang sama naik hingga 10 kali lipat dibandingkan tahun 2022. Berdasarkan kalkulasi Pilarmas Investindo atas data tersebut dengan menggunakan metodologi Discounted Cash Flow (DCF), tercatat kisaran penilaian ekuitas Rp 687,02 miliar.

Metode DCF menggunakan asumsi tingkat bunga bebas risiko sebesar 6,4%, beta sebesar 1,53, premi risiko negara 2,9%, biaya ekuitas 13,1%, biaya utang 8,3%, pertumbuhan terminal sebesar 3%, dan WACC sebesar 10,85% .

Akselerasi Pertumbuhan

Pada kesempatan ini, Direktur Utama CGAS, Andika Purwonugroho, mengatakan keputusan IPO ini sebagai langkah perseroan untuk peningkatan kapasitas pendanaan dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan dan menguatkan stabilitas keuangan. Adapun sebesar 90% dari dana yang diperoleh dari aksi korporasi ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi, akan digunakan sebagai dana belanja modal (capex) untuk membangun LNG station di Galian Field Tambun Zone 7 Regional 2.

Sedangkan, sisanya dimanfaatkan untuk modal kerja. Sementara itu, dana yang diperoleh dari pelaksanaan Waran Seri I juga akan digunakan sebagai modal kerja.”Pencatatan saham CGAS di BEI merupakan bagian dari strategi peningkatan kapasitas pendanaan, ekspansi usaha, tata kelola dan prinsip keterbukaan perseroan secara lebih baik sebagai perusahaan publik, sehingga upaya ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi stakeholder perseroan,” ujar Andika.

Pengembangan bisnis CGAS juga sejalan dengan program pemerintah terkait transisi energi yang memprioritaskan gas alam sebagai sumber energi dengan tingkat emisi yang lebih rendah dibanding bahan bakar minyak (BBM). “Kehadiran CGAS pada BEI juga diharapkan dapat menyemarakkan perdagangan saham di BEI dan menjadi opsi yang menarik bagi para investor,” tutur Andika.

Ke depannya, selain mengembangkan LNG dengan menggunakan dana hasil IPO, CGAS juga berencana melakukan ekspansi usaha ke beberapa daerah dengan membangun mother station baru yang lebih mendekati target pasar, yakni di Grobogan Purwodadi, Jawa Tengah dengan kapasitas plant 1,5 MMSCFD dan mother station di Majalengka berkapasitas plant 1 MMSCFD, serta mother station di Manyar, Gresik, Jawa Timur berkapasitas plant 2 MMSCFD.“Harapannya dengan pendistribusian lokasi usaha, maka Perseroan dapat menjangkau dan melayani lebih banyak konsumen dari berbagai segmen,” tegasnya.

Dia menyampaikan sejauh ini CGAS menawarkan harga kompetitif yang bisa menciptakan penghematan biaya bagi pelanggan metering yang terkalibrasi, sehingga bisa memperoleh hasil pemakaian CNG secara terukur dan tepat. Jaringan distribusi perseroan maupun entitas anak juga sudah tersebar di pulau Sumatera dan Jawa, maka saat ini CNG bisa lebih mudah diperoleh pelanggan.

CGAS menerapkan aplikasi SCADA yang terintegrasi, sehingga pelanggan bisa memastikan pengiriman CNG sesuai jadwal. “CNG merupakan gas yang sangat aman, karena kami selalu menggunakan standar tertinggi keamanan untuk distribusi gas ke pelanggan. Perseroan senantiasa melakukan preventif maintenance terhadap equipment, seperti PRS (Pressure Reduction System), CNG Tubeskid, GTM, metering dan peremajaan perlengkapan yang terjaga dan terjadwal,” ujar Andika.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, melalui strategi diversifikasi produk, CGAS meyakini dapat menjadi pilihan bagi pelanggan yang mencari alternatif gas sebagai sumber energi untuk keperluan industri, sehingga bisa terus bertumbuh secara berkesinambungan dan memberikan kontribusi yang semakin bermanfaat bagi masyarakat luas.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved